Share

Peran Masing-Masing Pelaku Ekonomi, Ini Kategorinya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 25 Mei 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 624 2600080 peran-masing-masing-pelaku-ekonomi-ini-kategorinya-HSmqxGHyAu.jpg Ilustrasi (Foto:Okezone)

JAKARTA - Terdapat . Kegiatan ekonomi selalu melibatkan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari atau membantu negara.

Adapun, pelaku ekonomi adalah individu perorangan maupun badan/institusi yang melaksanakan kegiatan ekonomi.BACA JUGA:BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3% di 2022

Selain itu, pelaku ekonomi merupakan subjek yang menjalankan atau melakukan kegiatan produksi, konsumsi, atau distribusi. Subjek tersebut berupa individu orang, lembaga swasta, maupun instansi pemerintahan.

Di dalam dunia perekonomian yang lebih luas, pelaku ekonomi tidak hanya sebatas konsumen dan produsen, penjual dan pembeli. Namun, lebih dari itu, termasuk pemerintah dan masyarakat luar negeri.

Secara umum, terdapat 4 kategori pelaku ekonomi yakni rumah tangga konsumsi, rumah tangga produksi, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri.

Berikut peran masing-masing pelaku ekonomi yang perlu diketahui dinukil dari buku modul ekonomi kelas X KD 3.3 dan 4.3 (2020:36) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

1. Rumah Tangga atau Rumah Tangga Konsumsi

Dalam pemenuhan kebutuhan perekonomiannya, sektor rumah tangga konsumsi memiliki beberapa faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Rumah tangga konsumsi sebagai pemilik faktor produksi, akan menjual faktor produksi tersebut kepada produsen dengan memperoleh kompensasi. Baik berupa pendapatan dalam bentuk sewa, upah atau gaji, bunga dan keuntungan

Adapun peran pokok yang dilakukan oleh sektor rumah tangga konsumsi, sebagai berikut.

Menerima dan mendapatkan penghasilan dari para produsen atau perusahaan yang berupa sewa, upah dan gaji, bunga, dan laba.

2. Rumah Tangga Produksi/Produsen (RTP)

Rumah tangga produksi (RTP) merupakan kelompok masyarakat yang kegiatannya menghasilkan dan atau menambah nilai guna dari barang dan jasa. Kelompok rumah tangga produksi memiliki peran sebagai berikut.

Memproduksi dan menjual barang atau jasa, sebagai pemasok (supplier) di pasar barang. Menyewa atau menggunakan  faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga konsumsi untuk membantu proses produksi.

3. Pemerintah (RTN)

Dalam sistem demokrasi ekonomi yang berlaku di Indonesia, pemerintahan memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi sebagai penentu kebijakan di bidang ekonomi.

Kebijakan pemerintah tersebut bertujuan dalam rangka memakmurkan rakyat sebagaimana tercantum dalam Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini