Share

Sejarah Berdirinya Universitas Indonesia, Berawal dari Sekolah Kedokteran!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 26 Mei 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 65 2599347 sejarah-berdirinya-universitas-indonesia-berawal-dari-sekolah-kedokteran-5AGYkeETB2.jpg Kampus UI. (Foto: UI)

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) adalah kampus negeri yang berada di Depok, Jawa Barat. Pada awalnya, UI merupakan sekolah kedokteran. Pada 1849, pemerintah Belanda membangun sekolah tinggi ilmu kesehatan.

Kemudian pada 1851, sekolah tersebut dinamakan Dokter-Djawa School. Dokter-Djawa School mengkhususkan pada ilmu kedokteran, lebih tepatnya pendidikan tenaga mantri. Nama Dokter-Djawa Scool berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal sebagai STOVIA.

Usai sukses memberi pendidikan bagi calon dokter, pemerintah Belanda kembali membangun empat sekolah tinggi di beberapa kota di Pulau Jawa. Sekolah tinggi itu meliputi Technische Hoogeschool te Bandoeng (Fakultas Teknik) yang berdiri di Bandung pada 1920, Recht Hoogeschool (Fakultas Hukum) di Batavia tahun 1924, Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte (Fakultas Sastra dan Kemanusiaan) di Batavia pada 1940, serta Faculteit van Landbouwweteschap (Fakultas Pertanian) di Bogor di tahun 1941.

Lima sekolah tinggi yang telah dibangun pemerintah Belanda ini adalah pilar menciptakan Nood-universiteit (Universitas Darurat), yang dibangun pada 1946.

Pada 1947, Nood-universiteit berganti nama menjadi Universiteit van Indonesië. Kemudian pada 1950, Universiteit van Indonesië menjadi Universiteit Indonesia. Awalnya, universitas ini mempunyai Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi di Makassar.

Lalu pada 1954-1963, fakultas-fakultas yang berada di luar Jakarta berkembang menjadi universitas secara terpisah. Hal ini yang menjadi cikal bakal berdirinya universitas negeri di Indonesia. Sementara fakultas yang berada di Jakarta tetap menjadi bagian dari Universiteit Indonesia.

Sebelum kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok dibangun, UI mempunyai tiga lokasi kampus di Jakarta yakni di Pegangsaan Timur, Rawamangun, serta Salemba. Setelah kampus yang baru didirikan dan dibangun pada 1987 di lahan seluas 320 hektare, beberapa fakultas yang berada di Rawamangun ini dipindah.

Sedangkan kampus yang berada di Salemba masih dipertahankan. Pada tahun 2000, UI menjadi salah satu universitas yang mempunyai status Badan Hukum Milik Negara di Indonesia. Universitas yang identik dengan makara kuning ini mempunyai 14 fakultas, program vokasi, serta program pascasarjana.

Menurut Data THE Impact Rankings 2022, UI menempati peringkat ke-18 di dunia, peringkat ke-3 di Asia Tenggara, serta peringkat-1 Indonesia. Universitas Indonesia banyak melahirkan tokoh penting dari berbagai kalangan, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani,Ketua DPR Puan Maharani,pengusaha Chairul Tanjung, serta artis Dian Sastrowardoyo.

Diolah dari berbagai sumber:

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini