Share

SDN di Jombang Hampir Roboh, Pemkab Setempat Tidak Anggarkan Perbaikan Gedung

Mukhtar Bagus, iNews · Selasa 24 Mei 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 624 2599528 sdn-di-jombang-hampir-roboh-pemkab-setempat-tidak-anggarkan-perbaikan-gedung-zTI5NaqTYu.jpg Atap kelas di SDN Talunkidul 2 Jombang berlubang/Tangkapan layar video Mukhtar Bagus

JOMBANG - Kondisi SD Negeri di Kabupaten Jombang Jawa Timur yang rusak dan nyaris roboh telah menarik perhatian Dinas Pendidikan setempat.

Namun, meski banyak sekolah yang rusak, Pemerintah Kabupaten Jombang tidak mengalokasikan anggarannya untuk melakukan perbaikan di tahun 2022 ini.

Salah satu sekolah yang hampir roboh itu adalah SD Negeri Talunkidul 2 di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Para murid terpaksa harus menjalani kegiatan belajar di dalam ruang kelas yang nyaris roboh.

Para siswa harus waspada di tengah-tengah kegiatan belajarnya di kelas karena sebagian atap plafonnya telah jebol dan ambrol beberapa bulan lalu.

Meski sebenarnya sangat membahayakan, pihak sekolah mengaku terpaksa tetap menggunakan gedung sekolah yang rusak ini karena tidak punya pilihan lain lagi.

Upaya mereka mengajukan program perbaikan dari pemerintah pun hingga kini juga belum membuahkan hasil.

Bahkan menurut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Senen, tak hanya SDN Talunkidul 2 saja yang mengalami hal seperti ini, adaa 155 sekolah di Jombang yang kondisi gedungnya rusak dan membutuhkan perbaikan.

Menurut Senen, karena adanya refocusing anggaran akibat Covid-19 tahun ini, Pemkab Jombang tidak mengalokasikan anggaran perbaikan sama sekali.

Perbaikan sekolah tahun ini hanya akan dilakukan ke beberapa gedung sekolah melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Sebagai solusinya, Senen menjanjikan akan mengupayakan perbaikan gedung SDN Talunkidul 2 melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Pemkab Jombang.

Senen berharap melalu PAK tersebut SDN Talunkidul 2 akan segera mendapatkan rehab secepatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini