Share

Fungsi Pendidikan dalam Mengendalikan Perilaku Menyimpang

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 25 Mei 2022 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 624 2598915 fungsi-pendidikan-dalam-mengendalikan-perilaku-menyimpang-aiawZ0pyLz.jpg Ilustrasi/Pixabay

JAKARTA - Berikut ini adalah fungsi pendidikan dalam mengendalikan perilaku menyimpang.

Pengendalian sosial sebenarnya merupakan gambaran dari langkah dan proses yang ditempuh oleh kelompok atau masyarakat agar para anggotanya mampu bertindak sesuai dengan nilai dan norma.

Pengendalian sosial menurut J.S Roucek adalah segala proses pengawasan yang direncanakan ataupun tidak yang bersifat mendidik, mengajak, attau bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai sosial yang berlaku.

Pengendalian sosial juga bertujuan untuk menjaga dan memelihara pelaksanaan sistem nilai serta sistem norma yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Lalu juga mencegah atau menghindarai terjadinya penyimpangan terhadap sistem nilai dan sistem norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Serta mengembalikan atau memulihkan kondisi sebagai akibat dari terjadinya penyimpangan terhadap sistem nilai dan sistem norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Ada beberapa cara atau alat pengendalian sosial, salah satunya adalah melalui pendidikan.

Melalui pendidikan, warga masyarakat dibimbing untuk mematuhi nilai dan norma masyarakat sehingga tidak melakukan perilaku menyimpang.

Mengutip dari Ruang Guru, fungsgi laten lembaga pendidikan yang juga bisa diaplikasikan ke dalam pengendalian sosial adalah seperti mengurangi pengendalian orang tua, meningkatkan daya kritis terhadap gejala sosial, mempertahankan sistem kelas sosial, dan memperpanjang masa remaja.

Jadi itulah fungsi pendidikan dalam mengendalikan perilaku menyimpang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini