Share

Anies Baswedan Bahas Integrasi Transportasi di Jakarta saat Berikan Kuliah Tamu di Paris

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 20 Mei 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 65 2597255 anies-baswedan-bahas-integrasi-transportasi-di-jakarta-saat-berikan-kuliah-tamu-di-paris-SA88XphEPY.jpg Anies Baswedan saat beri kuliah tamu di Paris/Instagram/@aniesbaswedan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan tentang soal integrasi transportasi hingga langkah mengurangi dampak penurunan tanah di Jakarta saat menjadi pembicara di kuliah tamu Urban Lecture Science Po, Paris, Prancis.

"Urban Lecture di Sciences Po, Paris. Mendapatkan kehormatan memenuhi undangan dari Tommaso Vitale, Dekan Urban School Sciences Po, untuk berkunjung dan memberikan kuliah tamu," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan, Jumat (20/5/2022).

"Sciences Po mengundang Public Lecture untuk mengulas mengenai upaya kawasan urban besar seperti Jakarta dalam menghadapi permasalahan kota masa kini. Problematika yang dihadapi oleh semua kota besar dunia. Kami berkesempatan menceritakan secara detail tentang integrasi transportasi, upaya mengurangi dampak penurunan muka tanah dan efek climate change, serta komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan," imbuhnya.

Menurutnya, tradisi pembelajaran yang kuat di kampus ini tercermin dalam diskusi. Begitu banyak peserta aktif menanyakan pertanyaan detail dan strategis tentang tantangan dan strategi pemecahan masalah yang kita lakukan di Jakarta.

"Di akhir kuliah, jajaran pengajar dan mahasiswa menghampiri dan memberikan apresiasi terhadap pendekatan kita di Jakarta yg selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data dalam kebijakan untuk menyelesaikan tantangan-tantangan yg dihadapi. Kebangkitan itu dimulai dari ruang kelas. Berbagai negara sudah membuktikan bahwa kemajuan bangsa dimulai dari sekolah-sekolah. Seperti yang dirintis oleh mahasiswa-mahasiswa STOVIA pada 20 Mei 1908. Selamat Hari Kebangkitan Nasional," ucapnya.

Sebagai informasi, Sciences Po, atau nama lengkapnya The École Libre des Sciences Politiques, adalah sebuah kampus terbaik dunia untuk studi pemerintahan, politik dan internasional (ranked 2nd worldwide, 2021).

Kampus ini memiliki peran yang sangat strategis dalam sejarah negara Prancis, didirikan di 1872 setelah perang Rusia-Prancis, dengan tujuan memberikan pendidikan tentang ekonomi, sosial, dan politik kepada generasi muda Prancis yang kelak membangun negara Prancis modern yang kita kenal saat ini.

Sebagian besar presiden dan perdana menteri Perancis pun lulusan dari Sciences Po, termasuk presiden dan perdana menteri saat ini.

(nat)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini