Share

Tuntut Ilmu Sampai ke Negeri China, Ini 5 Kampus Terbaik di Negara Tirai Bambu

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 65 2596617 tuntut-ilmu-sampai-ke-negeri-china-ini-5-kampus-terbaik-di-negara-tirai-bambu-w58aRN1xc9.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China,” begitu kata pepatah yang akrab kita dengar. China memang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan mumpuni.

Beberapa universitasnya bahkan masuk dalam jajaran 50 kampus terbaik di dunia. Berikut adalah 5 universitas terbaik di China yang dapat dijadikan referensi bagi para calon mahasiswa.

Universitas Tsinghua

Universitas ternama di Negeri Tirai Bambu ini bercokol di urutan ke-26 dalam daftar universitas terbaik di dunia. Melansir laman U.S News, Universitas Tsinghua menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik di China.

Universitas bergengsi ini memiliki sekitar 4 ribu mahasiswa internasional yang berasal dari 130 negara. Ada 3 jurusan kuliah yang sangat unggul di Universitas Tsinghua dan sangat diminati calon mahasiswa, yakni teknik, ilmu komputer, dan kimia.

Universitas Peking

Kampus terbaik di China selanjutnya adalah Universitas Peking. Berada di urutan ke-2 sebagai universitas top di negara itu, Universitas Peking memiliki peringkat ke-45 di dunia. Sama seperti Universitas Tsinghua, Universitas Peking juga berada di Kota Beijing.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari kampus ini adalah arsitektur bangunannya yang bergaya khas China dan sudah berdiri sejak tahun 1898. Berbagai jurusan kuliah ditawarkan di Universitas Peking, seperti hukum, bisnis dan ekonomi, teknik mesin, hingga filsafat dan teologi.

Universitas Shanghai Jiao Tong

Universitas ini menempati urutan ke-3 sebagai kampus terbaik di China. Di level internasional, Universitas Shanghai Jiao Tong atau SJTU berperingkat 105. Sama seperti namanya, kampus ini terletak di Kota Shanghai dan berdiri pada 8 April 1896. Menurut laman resminya, SJTU mencapai perkembangan pesat sebagai kampus bergengsi dunia sejak tahun 2000.

Mahasiswa internasional yang belajar di kampus tersebut juga sangat tinggi di tahun 2018, yakni melebihi 7 ribu orang. Sebagian besar mahasiswa tersebut datang dari Jepang, Amerika Serikat, Indonesia, Korea Selatan, Australia, dan masih banyak lagi.

Universitas Sains dan Teknologi China (CAS)

CAS masuk di urutan ke-4 universitas terbaik di China dan berada di posisi ke-110 di dunia. CAS terletak di Provinsi Anhui dan didirikan pada tahun 1958 sebagai langkah nyata pemerintah China dalam rangka memenuhi kebutuhan sains dan teknologi.

Dengan begitu, China dapat bersaing lebih baik lagi di kancah internasional. Berdiri di Beijing, CAS lantas dipindah ke Anhui di tahun 1970. Saat ini, CAS memiliki mahasiswa sebanyak 15.500 orang.

Universitas Zhejiang

Satu lagi universitas terbaik di China adalah Universitas Zhejiang yang berada di Provinsi Zhejiang. Berusia cukup tua, Universitas Zhejiang resmi berdiri di tahun 1897. Sebelumnya, universitas ini bernama Akademi Qiushi. Berbagai jurusan kuliah menarik dimiliki universitas ini, seperti kesehatan, pertanian, teknik mesin, teknik informatika, dan fakultas sosial.

Universitas dengan 47 ribu mahasiswa ini menyediakan fasilitas lengkap bagi para civitas akademika. Contohnya adalah permukiman khusus yang diperuntukkan bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini