Share

Dies Natalis ke-58, UNY Gelar Baksos Bagi Sembako dan Alat Pendidikan di Piyungan

Priyo Setyawan, Koran SI · Rabu 18 Mei 2022 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 65 2596242 dies-natalis-ke-58-uny-gelar-baksos-bagi-sembako-dan-alat-pendidikan-di-piyungan-aEc7vvgp70.JPG Baksos Dies Natalis ke-58 UNY/Priyo Setyawan

BANTUL - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara bakti sosial (baksos) dengan membagikan 400 paket sembako dan 100 paket peralatan sekolah di Science Techno Park (STP) UNY, Padukuhan, Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, hari ini.

Selain baksos, UNY juga menggelar bazar, festival produk kreatif dan juga kesenian. Seluruh acara ini digelar dalam rangka Dies Natalis ke-58 UNY.

Rektor UNY, Profesor Sumaryanto mengatakan bahwa baksos ini bukan hanya sekadar tradisi sebagaimana sebelumnya pernah diadakan hal serupa.

Namun yang lebih penting lagi adalah, bagaimana semua komponen UNY baik orang, barang, dan lembaganya harus berguna bagi lingkungan.

"Karena itu, kami tetap melestarikan program yang telah dirintis rektor sebelumnya," katanya.

Ketua LPPM UNY Prof. Samsul Hadi mengatakan dipilihnya Sitimulyo ini karena Sitimulyo Piyungan, Bantul saat ini telah meraih predikat sebagai Desa Budaya, Desa Prima dan Desa Preuner, sehingga untuk mencapai puncak prestasi harus meraih predikat desa wisata.

"Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi penyelenggaraan bakti sosial, pelatihan ecoprint dan permainan tradisional Prancis, festival produk kreatif serta pelatihan tari Jawa" katanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Didik Warsito mengatakan kegiatan ini merupakan bukti nyata tridharma perguruan tinggi oleh civitas akademika UNY sehingga ilmu yang dipelajari dan dikembangkan akan makin berguna bagi kehidupan serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bantul menerima dengan tangan terbuka kerjasama dengan perguruan tinggi karena tidak dapat bergerak sendiri dalam pembangunan namun membutuhkan kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak sehingga terwujud cita-cita menjadikan masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.

Warga Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul pPenerima paket sembako Wiyono mengaku merasa gembira mendapatkan paket sembako tersebut, karena dapat menopang kebutuhan rumah tangganya. Paket yang didapat berisi antara lain mie instan, gula dan minyak goreng.

Humas UNY, Dedi Herdito menambahkan STP UNY ini menempati luas 1,2 hektar dari 6 hektar yang akan dikembangkan. STP.

UNY direncanakan menjadi pusat kegiatan akademik karena akan didirikan laboratorium, sport center, UNY Farma dan resort.

Dalam resort ini direncanakan berdiri joglo untuk berkegiatan, embung, food court serta spa and beauty. Juga tersedia jogging track, masjid dan area parkir.

"STP ini juga untuk mendukung perubahan UNY menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH)," tambahnya.

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini