Share

Tingkah Laku Peserta UTBK SBMPTN 2022, Pakai Celana Pendek hingga Tak Bawa Identitas

Arif Budianto, Koran SI · Rabu 18 Mei 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 624 2596068 tingkah-laku-peserta-utbk-sbmptn-2022-pakai-celana-pendek-hingga-tak-bawa-identitas-1TqBuNYRDb.jpg Suasana UBTK SBMPTN 2022 di UPI Bandung/Arif Budianto

BANDUNG - Ada saja tingkah laku para peserta dalam mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022.

Tak hanya soal keseriusan dalam mengerjakan soal, tapi juga ada perilaku mereka yang cukup membuat geleng-geleng kepala.

Seperti seorang peserta UTBK SBMPTN 2022 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini yang datang mengenakan celana pendek dengan setelan jaket.

Penampilannya yang seperti itu tentunya membuat panitia heran, terlebih ia menggunakan celana pendek untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Atas ulahnya tersebut, ia kemudian dipanggil panitia dan diminta untuk menunjukkan data-data diri seperti fokopi ijazah, kartu siswa, dan lainnya.

"Akhirnya karena dia juga terdaftar sebagai peserta, kami perbolehkan masuk ke ruangan," kata Koordinator UTBK UPI Ahmad Mudzakir.

Namun, kata Ahmad, peserta tersebut sebelumnya telah diberi wejangan agar kelak bisa berpakaian rapi dan sopan.

Menurut Ahmad, memang tidak ada kaitannya dengan ujian, namun untuk budaya timur, menghadiri acara resmi mengenakan celana pendek dinilai kurang pantas.

"Sesuai ketentuan, peserta UTBK harus berpakaian rapi, jika kaus yang berkerah. Kemudian celana panjang, mengenakan sepatu, dan masker, " katanya.

Tak hanya beberapa peserta UTBK juga ditemukan masih banyak yang tak membawa identitas diri. Seperti fotokopi ijazah, kartu siswa, KTP, atau KK.

Namun syarat utama adalah membawa fotokopi ijazah. Jika tidak membawa bisa membawa menunjukkan identitas lainnya.

(bul)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini