Share

Alasan Mengapa Banyak Lulusan S1 Mengalami Kegagalan Menurut Nadiem Makarim

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 65 2595186 alasan-mengapa-banyak-lulusan-s1-mengalami-kegagalan-menurut-nadiem-makarim-iMNCKngtWC.jpg Nadiem Makarim saat diundang Deddy Corbuzer Podcast/Tangkapan layar YouTube Deddy Corbuzier Podcast

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pendapatnya tentang mengapa banyak lulusan S1 yang mengalami kegagalan.

Hal ini ia ungkapkan melalui Deddy Corbuzier Podcast dua tahun yang lalu membahas tentang pendidikan Indonesia.

Nadiem Makarim menganalogikan mahasiswa yang sudah lulus sarjana strata satu (S1) nantinya akan keluar ke laut terbuka atau menghadapi dunia yang luas.

Namun menurut dia, mahasiswa-mahasiswa di Indonesia ini selama kuliah S1 hanya dilatih satu gaya untuk berenang.

"Misalnya gaya katak doang, itu satu prodi. Satu disiplin diajarinnya cuma gaya katak, dan yang kedua, cuma latihan di kolam renang," ungkap Nadiem Makarim menganalogikan lulusan S1 Indonesia.

Nadiem Makarim mempertanyakan bagaimana lulusan-lulusan S1 tersebut akan terjun ke laut dengan arus, angin, dan ombak yang beragam jika tidak pernah dilatih di lautan juga.

"Dan dilatih jangan cuma gaya katak doang. Diajarin gaya bebas, mengapung, safety, cara bernapas, fitnes," tambahnya.

Jadi menurutnya, itulah mengapa lulusan S1 banyak yang mengalami kegagalan karena tidak diberikan banyak contoh, didikan, pengalaman, atau latihan yang menyerupai praktiknya di lapangan.

Video mengenai Nadiem Makarim ini pun viral di TikTok dan mendapatkan tanggapan positif dari para netizen melalui kolom komentar.

"emg bener sekolah seakan kurangnya praktek cuma teori doang" tulis akun LIBASteam87.

"membuka mata dunia pendidikan Indonesia, yang selama ini terfocus ip bukan pengalaman ke laut lepas," tulis akun MudhofirAbdGhani.

"satu kelemahan dalam sekolah.. trll banyak baca buku.. teori... praktik nyata di alam nyata... kurang" tulis akun Frananta Bangun.

(bul)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini