Share

Peserta UTBK SBMPTN 2022 di UPN Veteran Jakarta Ini Rela Belajar hingga Larut Malam Demi Kampus Impiannya

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 17 Mei 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 624 2595521 peserta-utbk-sbmptn-2022-di-unp-veteran-jakarta-ini-rela-belajar-hingga-larut-malam-demi-kampus-impiannya-lcV2wtBj7f.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di UPN Veteran ini rela belajar hingga larut malam demi lulus ujian.

Andri mengatakan dia rela menghabiskan waktunya semalam suntuk selama sebulan lebih untuk belajar hingga larut malam demi kuliah di kampus yang diinginkannya.

Dia juga neminta pada semua saudaranya untuk mendoakannya agar bisa lulus ujian tersebut.

"Bela-belain sejak puasa belajar sampai larut terus, kadang begadang sampai menjelang subuh agar bisa lulus. Harapannya bisa lulus kalau pun tidak yang penting kita sudah berusaha maksimal ya," ujarnya saat berbincang di UPN Veteran Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, soal pada ujian SBMPTN ini terbilang susah-susah gampang lantaran tak sedikit soal yang keluar belum dia pelajari materinya.

Alhasil, dia pun menjawab semampunya, dia pun enggan berbuat curang atau menjawab secara asal-asalan mengingat dia sudah berusaha belajar semaksimal mungkin.

"Pamitan sama orangtua jug sewaktu mau ujian sama keluarga semua biar bisa lulus. Selain berusaha kan yang bisa kita lakukan berdoa dan tunggu hasilnya nanti," tuturnya.

Sama halnya dengan Andri, peserta lainnya, Rena juga mengaku menjawab soal ujian semaksimal mungkin agar bisa lulus.

Dia enggan menyontek ataupun berbuat curang meski pernah ada temannya di rumah yang menyarankan hal itu.

"Tegang banget karena soalnya lumayan susah, tapi kita mau jawab semampu kita saja, usaha kita sendiri. Daripada kita curang, ketahuan lalu dikeluarkan lebih baik kita usaha sendiri, kalau lulus kan Alhamdulillah," katanya.

Dia menambahkan, guna memghadapi UTBK 2022 ini, dia giat belajar semaksimal mungkin hingga larut malam. Bahkan, mengikuti try out dan bimbel agar bisa lulus ujian sebagaimana disarankan ibunya.

"Persiapannya yah selain giat belajar banyak-banyak berdoa agar bisa lulus. Orangtua paling banyak menasihati dan mengingatkan biar rajin belajar dan bacanya," jelasnya.

(bul)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini