Share

Kabar Gembira! UI Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Prestasi, Berikut Ketentuannya

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 14 Mei 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 65 2594189 kabar-gembira-ui-buka-penerimaan-mahasiswa-jalur-prestasi-berikut-ketentuannya-8jaPxUD4NI.jpg Penerimaan mahasiswa UI jalur prestasi (Foto: Media sosial)

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) membuka jalur baru penerimaan mahasiswa yakni Jalur Prestasi. Namun, ada sejumlah persyaratan yang mesti dilalui. 

Melalui video yang dibagikan akun Tiktok jeypies yang menukil dari media sosial UI, disebutkan bahwa UI membuka penerimaan mahasiswa baru UI jalur prestasi 2022.

Pendaftarannya dibuka mulai 12 Mei hingga 4 Juni 2022. Adapun proses seleksi dan wawancara dilakukan pada 6-17 Juni 2022.

Untuk pengumuman diterima atau tidak akan disampaikan pada 24 Juni 2022. BACA JUGA:Tes SBMPTN di Universitas Jambi Akan Diikuti Sebanyak 9.937 Calon Mahasiswa Baru

Berikut jenis prestasinya:

- Sains dan Teknologi

- Ilmu Kesehatan

- Ekonomi dan Kewirahusahaan

- Seni, Bahasa, Literasi dan Keagamaan

- Olahraga

Prestasi yang dimaksud adalah minimal juara tiga atau peraih medali perunggu pada ajang kompetisi di tingkat nasional dan internasional.

Prestasi tersebut dibuktikan dengan sertifikat yang diselenggarakan oleh penyelenggara kompetisi atau sertifikat nasional dari Pusat Prestasi Nasional. Prestasi tersebut diperolah saat di Sekolah Lanjtuan Tingkat Atas (SLTA).

Ketentuan umum untuk jalur ini yakni:

- Pendaftar adalah siswa kelas XII atau kelas 3 SMA/MA/SMK sederajat yang akan dinyatakan lulus pada tahun 2022.

BACA JUGA:5 Mahasiswa UNS Sabet Juara di Kancah Internasional dengan Membuat Aplikasi GoPule 

- Pendaftar dengan prestasi di bidang Sains dan Teknologi dapat memilih program Studi Rumpun Saintik: FMIPA, FT, dan FASILKOM.

- Pendaftar dengan prestasi di bidang kesehatan dapat memilih program studi Rumpun Ilmu Kesehatan: FK, FKG, F.Farmasa, FKM, dan FIK.

- Pendaftar dengan prestasi bidang Ekonomi dan Kewirausahaan dapat mengambil program studi: FEB dan FIA.

- Pendaftar dengan prestasi di bidang Seni, Bahasa, Keagamaan dan Literasi serta bidang Olahraga dapat memilih program studi: FIB, FISIP, FH, dan F, Psikologi.

- Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh Program Studi.

Cara daftarnya:

- Membuat akun pendaftaran di laman penerimaan.ui.ac.id

- Membuat pendaftaran (pada saat periode telah dibuka) dan mengisi kelengkapan formulir (identitas pendaftar, program studi, asalm SMTA, pendidikan terakhit).

- Menggunggah scan dokumen rapor dan bukti prestasi yang dicapai (dalam satu file, maksimal 5MB).

- Pendaftar dapat memilih 1 pilihan program studi dan sesuai dengan ketentuan prestasi yang tercantum di persyaratan.

- Setelah penutupan periode pendaftaran akan dilakukan wawancara sebagai seleksi tahap lanjut, sebelum pengumuman hasil seleksi.

Pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini