Share

Bentuk-Bentuk Muka Bumi, Apa Saja?

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 27 April 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 624 2585987 bentuk-bentuk-muka-bumi-apa-saja-TnJ6XvoMhe.jpg Bentuk-Bentuk Muka Bumi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pembahasan bentuk-bentuk muka bumi sempat menjadi perdebatan dikarenakan apakah bumi berbentuk bundar atau datar. Faktanya, bumi berdasarkan beberapa ahli tidak memiliki permukaan yang rata. Sebab, bumi sendiri memiliki beberapa tempat yang tinggi, datar, hingga dipenuhi air.

Keadaan ini disebut sebagai fisiografis atau keadaan bentuk muka bumi. Fisiografis adalah salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang suatu wilayah berdasarkan segi fisiknya.

Indonesia sendiri memiliki keadaan fisiologis yang beragam, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, perairan, dan juga pegunungan.

Keberagaman bentuk-bentuk muka bumi tentu menyesuaikan dengan lingkungan. Bentuk Bumi kira-kira menyerupai sferoid pepat, bola yang bentuknya tertekan pipih di sepanjang sumbu dari kutub ke kutub sehingga terdapat tonjolan di sekitar khatulistiwa.

Tonjolan ini muncul akibat rotasi Bumi, yang menyebabkan diameter khatulistiwa 43 km (kilometer) lebih besar dari diameter kutub ke kutub.

Berikut 2 jenis bentuk-bentuk muka bumi:

1. Relief Daratan

Relief daratan didefinisikan sebagai perbedaan tinggi dan rendahnya permukaan bumi yang terjadi di darat. Permukaan bumi di daratan mengalami tonjolan maupun cekungan, dan daratan yang luas serta membentuk daerah baru, dan melahirkan ekosistem yang lain.Relief muka bumi di daratan adalah relief yang paling tampak dan dapat langsung di lihat.

Proses bentuk relief daratan ini disebabkan oleh adanya tenaga pembentuk muka bumi yakni tenaga endogen dan eksogen. Selain itu, selama tenaga endogen dan eksogen masih membuat gerakan maka relief daratan juga akan terus mengalami perubahan. Beberapa bentuk relief daratan yakni dataran rendah, dataran tinggi, gunung, pegunungan, bukit, lembah, ngarai,peneplain, pantai dan pesisir.

2. Relief Dasar Laut

Relief dasar laut adalah perbedaan tinggi dan rendahnya bentuk muka bumi di dasar laut. Dasar laut adalah permukaan bumi yang ada di dalam laut. Bentuk relief dasar laut juga mempunyai kontur yang tidak berbeda dengan yang ada pada relief daratan. Ada dataran tingginya, ada lembahnya, ada juga pematangnya.

Sebab, lautan menjadi salah satu relief bumi yang menutupi muka bumi sebesar 70%. Di dalamnya terdapat banyak bentuk relief yang juga beragam dan masing-masing memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

Selain itu, bentuk-bentuk muka bumi yakni dangkalan, lubuk laut, gunung laut, palung laut, ambang laut, punggung laut dan alur-alur laut. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini