Share

Kapolri Ajak Mahasiswa Terus Berkarya Bantu Penanganan Pandemi Covid-19

Antara, · Selasa 26 April 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 65 2585377 kapolri-ajak-mahasiswa-terus-berkarya-bantu-penanganan-pandemi-covid-19-JQy8Y3FA33.jpg Kapolri Listyo Sigit Prabowo (Foto : Humas Polri)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak mahasiswa dan organisasi kepemudaan (OKP) untuk terus berkarya bagi masyarakat, salah satunya berperan aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan membantu masyarakat yang terdampak.

Mendorong peran aktif generasi muda, Polri pun berkolaborasi dengan mahasiswa dan OKP dalam kegiatan bakti sosial (baksos) di Bulan Ramadhan, untuk membantu masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh (slum area).

"Tentunya teruslah berkarya, teruslah suarakan suara-suara demokrasi, dan lakukan langkah-langkah nyata untuk bisa berikan kontribusi terbaik bagi masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia," kata Sigit dalam pembukaan kegiatan "Baksos Polri Presisi Bersama Mahasiswa, BEM, dan OKP Untuk Masyarakat" di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Jenderal bintang empat itu mengapresiasi kerja sama dan inisiatif dari mahasiswa dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Ada 50 elemen mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM dan OKP membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Mantan Kabareskrim ini menyebutkan, kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari elemen mahasiswa, BEM dan kepemudaan sebagai bentuk kepedulian untuk membantu masyarakat, khususnya yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Kolaborasi Polri dan mahasiswa kali ini bukanlah yang pertama, kepolisian dan organisasi mahasiswa juga bersinergi dalam percepatan vaksinasi Covid-19 serta bakti sosial lainnya.

"Berkat sinergi Polri bersama mahasiswa dan pemuda, laju pertumbuhan Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yang capaian vaksinasinya paling tinggi di tingkat dunia," tutur Sigit.

Baca juga: Cek Kesiapan Operasi Ketupat 2022, Kapolri Minta Potensi Kemacetan Dikelola dengan Baik

Kondisi positivity rate Indonesia saat ini di bawah 1 persen. Dan vaksinasi telah mencapai kurang lebih 397 juta masyarakat yang divaksin. Dalam hal penanganan pandemi Covid-19, Indonesia berada di peringkat ke lima untuk vaksinasi terbanyak di dunia.

"Ini kerja keras dari seluruh elemen dan di dalamnya ada adik-adik mahasiswa dan rekan-rekan BEM serta pemuda," papar Sigit.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit juga menyampaikan, pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022 setelah vaksinasi sesuai capaian, namun masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk percepatan vaksinasi penguat atau dosis III (booster).

Untuk itu, Sigit pun mengajak mahasiswa dan pemuda untuk sama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik untuk melaksanakan protokol kesehatan. Serta, membantu melakukan akselerasi vaksinasi bagi para pemudik.

Polri menyediakan layanan vaksinasi booster di setiap posko Operasi Ketupat 2022 yang didirikan di sepanjang jalur mudik, mulai dari pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu.

"Sehingga masyarakat yang mudik baik pulang maupun di daerah tujuan mudik semua dalam keadaan terjaga. Imunitas tinggi, sehingga laju Covid-19 bisa dijaga," ujar Sigit.

Di akhir sambutannya, Sigit juga menyampaikan Polri mengadakan program mudik gratis, dengan melibatkan 400 unit bus yang menampung 20 ribu lebih tempat duduk.

"Program mudik bersama gratis bisa dimanfaatkan, sehingga beban arus mudik di jalan tol bisa dikurang," kata Sigit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini