Share

6 Demo Mahasiswa Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 18 April 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 65 2580832 6-demo-mahasiswa-terbesar-yang-pernah-terjadi-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia-oC9nfbRu3F.jpg Demo 1998 di Gedung Parlemen. (Foto: Dok Ist)

JAKARTA - 6 Demo mahasiswa terbesar yang pernah terjadi di dunia menarik untuk dibahas pada artikel kali ini. Demo atau demonstrasi merupakan sebuah gerakan dimana masyarakat berbondong-bondong menyuarakan pendapatnya atau melakukan protes. Aksi ini juga biasa disebut sebagai unjuk rasa.

Umumnya, demo dilakukan oleh mahasiswa atau suatu kelompok yang tidak menyetujui dengan kebijakan pemerintah. Demo atau unjuk rasa bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi dapat menyuarakan pendapat banyak orang, namun pada sisi lainnya dapat menyebabkan kerusakan dan hal buruk lainnya.

Nah, Indonesia dan beberapa negara lain di dunia ternyata pernah memiliki sejarah demo terbesar yang dilakukan mahasiswa. Berikut adalah deretan 6 Demo Mahasiswa Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia.

6 Demo Mahasiswa Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

1. Indonesia

Pada reformasi 1998, seluruh mahasiswa di Indonesia bersatu untuk menyuarakan pendapatnya terhadap beberapa tuntutan. Salah satu agenda utamanya adalah tuntutan mundurnya Soeharto yang kala itu berpusat di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Demo pada saat itu tak hanya menuntut Soeharto untuk mundur, namun juga menuntut untuk mengadili Soeharto dan kroninya, tuntutan untuk melakukan amandemen pada UUD 1945, tuntutan penghapuskan dwi fungsi ABRI, tuntutan pelaksanaan otonomi daerah, tuntutan pembersihan KKN, dan lain-lain.

2. Hongkong

Demo yang terjadi di Hongkong ini di dominasi oleh mahasiswa dan pelajar yang telah berlangsung beberapa pekan. Unjuk rasa ini dipicu adanya RUU yang dapat memungkinkan Beijing melakukan ekstradisi penduduk ke daratan yang sering berakhir dengan kekerasan.

Kekerasan ini biasanya terjadi antara demonstran yang pro-demokrasi dan polisi, serta prodemokrasi dengan pendukung Cina.

3. New York

Pada tahun 2019 lalu, ratusan ribu warga New York turun ke jalan untuk aksi unjuk rasa peduli terhadap perubahan iklim dunia. Tak hanya itu, mahasiswa dari berbagai penjuru dunia juga ikut serta meramaikan aksi ini.

4. Vietnam

Adanya protes yang berlangsung pada tahun 1960-an di Vietnam yang diorganisir oleh Students for a Democratic Society, berisikan penolakan perang Vietnam melawan Amerika Serikat.

Di tahun 1970, terjadi pemogokan besar karena adanya penembakan empat orang mahasiswa oleh aparat keamanan. Setelah perjuangan yang cukup lama, pasukan Amerika pada akhirnya ditarik mundur.

5. Afrika Selatan

Demonstrasi di Afrika Selatan terjadi akibat adanya perlakuan diskriminatif pada orang berkulit hitam dan adanya sistem segregasi rasial tahun 1948-1991.

Pada demo ini, diperkirakan ada 20 ribu siswa yang berpartisipasi dan dikabarkan 176 orang tewas karena kebrutalan aparat.

6. Tiananmen

Tahun 1989, terjadi sebuah demo di Tiananmen. Hal ini dipicu kematian mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Hu Yaobang yang telah menjadi reformis.

Demikian informasi mengenai 6 demo mahasiswa terbesar yang pernah terjadi di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini