Share

Ungkap Hasil Survei, Nadiem Sebut Guru Perlu Keterampilan Mengelola Kelas

Bachtiar Rojab, MNC Media · Kamis 14 April 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 624 2579216 ungkap-hasil-survei-nadiem-sebut-guru-perlu-keterampilan-mengelola-kelas-4UJQjpaqzl.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mencatat bahwa berdasarkan hasil survei karakter, ada banyak hal yang harus diperbaiki dalam tindak pendidikan termasuk manajemen kelas.

Menurut Nadiem, survei menunjukkan angka kepercayaan murid terhadap guru terkait potensinya cukup tinggi. Sehingga, mereka menganggap guru tahu betul terkait potensi yang dimiliki oleh muridnya.

“Siswa menganggap guru-guru cukup percaya dengan potensi murid dan perhatian,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022).

Kendati demikian, Nadiem menilai, perlu adanya perbaikan mengenai manajemen kelas. hal itu ia ungkap menjadi tantangan tersendiri bagi Kemendikbudristek, pemerintah daerah, dinas pendidikan, sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan

"Dalam aspek manajemen kelas, ini masih cukup rendah. Kita butuh lebih banyak keterampilan mengelola kelas dan menciptakan metode-metode yang interaktif. Ini hasil langsung dari evaluasi murid,” tuturnya.

Oleh karena itu, Nadiem akan memfasilitasi perencanaan berbasis data sebagai tindak lanjut dari Rapor Pendidikan yang diterima satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan.

“Kita akan memimpin bimbingan teknis dan pendampingan penyusunan perencanaan. Sebab, untuk pertama kalinya lewat Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan, kita mendapatkan evaluasi yang berbasis data atau data-driven evaluation," tegasnya.

Lebih lanjut, kata Nadiem, dengan adanya data dan survei tersebut. Diharapkan, seluruh tenaga pendidik termasuk kepala sekolah mampu merumuskan mencari jalan keluar.

"Sekarang, setiap kepala sekolah sekarang sedang melihat hasilnya dan merumuskan cara untuk melakukan perbaikan,” ucap Nadiem.

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengklaim, adanya Rapor Pendidikan yang telah diluncurkan bukanlah bentuk untuk mencari-cari kesalahan pada tenaga Pendidikan

Nadiem mengatakan, Rapor Pendidikan diciptakan agar mampu mendorong perubahan kualitas pada dunia pendidikan di Indonesia, terlebih menitik fokuskan pada peningkatan yang terus terukur.

"Rapor Pendidikan mendorong perubahan paradigma peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Fokus capaian kita sekarang adalah peningkatan yang nyata dan terukur dari tahun ke tahun," ujar Nadiem dalam akun instagramnya @nadiemmakarim, Minggu (3/4/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini