Share

Inilah 3 Faktor yang Menyebabkan Adanya Perbedaan Tingkat Kebutuhan!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 08 April 2022 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 624 2575480 inilah-3-faktor-yang-menyebabkan-adanya-perbedaan-tingkat-kebutuhan-7i64iCGOQ1.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

ADA 3 Faktor yang menyebabkan adanya perbedaan tingkat kebutuhan antara lain pendapatan, lingkungan sekitar, dan faktor fisik. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, Okezone akan membahasnya satu persatu dalam artikel kali ini.

Kebutuhan dalam ilmu ekonomi adalah sebuah hal yang diinginkan oleh setiap manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia terdiri dari tiga macam, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Meskipun telah diklasifikasikan menjadi tiga macam kebutuhan, namun setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Tentunya perbedaan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut adalah penjelasan mengenai 3 Faktor yag Menyebabkan Adanya Perbedaan Tingkat Kebutuhan:

Pada dasarnya, ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi akan perbedaan tingkat kebutuhan setiap manusia. Namun, berikut Okezone berikan contoh 3 faktornya:

Pendapatan

Pendapatan setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang beruntung dengan memiliki pendapatan yang besar, namun ada juga yang mendapatkan pendapatan yang kecil. Bagi mereka dengan pendapatan kecil, mungkin hanya dapat memenuhi kebutuhan primer hingga kebutuhan sekunder saja. Namun, bagi yang berpendapatan besar bisa mendapatkan kebutuhan dari primer hingga tersier.

Pada intinya, semakin besar pendapatan maka akan semakin tinggi pula kebutuhannya.

Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar memiliki faktor yang sangat besar dalam menentukan kebutuhan setiap orang. Jika seseorang hidup dalam lingkungan perkotaan, tentu kebutuhannya akan semakin banyak, beda dengan orang-orang yang hidup di lingkungan pedesaan atau pesisir pantai.

Fisik

Faktor fisik seseorang juga mempengaruhi akan perbedaan kebutuha. Faktor fisik bisa berupa usia dan jenis kelamin. Untuk perbedaan jenis kelamin saja, seorang wanita biasanya memiliki kebutuhan yang lebih banyak daripada seorang pria.

Begitu juga dengan perbedaan usia. Umumnya, anak muda memiliki kebutuhan yang kebih tinggi dari pada orang-orang yang sudah berumur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini