Share

4 Tips Penulisan CV agar Jadi Lebih Menarik, Perbesar Peluang Dipanggil Interview

Tim Okezone, Okezone · Minggu 27 Maret 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 65 2568661 4-tips-penulisan-cv-agar-jadi-lebih-menarik-perbesar-peluang-dipanggil-interview-V4tl9Y3jsD.jpg Empat tips penulisan CV agar menarik.

JAKARTA - Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Jobstreet Indonesia, Faridah Lim selaku Country Manager mengatakan, saat pandemi ini lamaran pekerjaan melonjak tinggi hingga mencapai 89%.

Survey membuktikan, era pandemi Covid-19 membuat persaingan dalam mendapatkan suatu pekerjaan menjadi semakin ketat. Dengan persaingan yang semakin ketat inilah membuat standar penilaian terhadap calon kandidat menjadi semakin tinggi. Dengan begitu diperlukannya persiapan yang lebih dari para pelamar.

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki penulisan CV. Dalam webinar yang berjudul “How to Make a Proper CV, Portfolio, Cover Letter, and Writing Email” yang diselenggarakan Generation Professional pada Sabtu (26/03/2022) sebagai bentuk kepedulian Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dan juga Genpro, membekali fresh graduate memasuki dunia kerja.

Dengan pembicara selaku Education Counselor dan juga dosen pengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi Bakrie yaitu Dr Vivid F. Anggraini, B Arts,

CV yang menarik jelas menjadi komponen utama yang dilihat oleh HRD.

Tidak hanya isinya, namun keseluruhan dari CV termasuk tampilannya menjadi poin tambahan bagi tim rekrutmen. Dengan tampilan yang menarik, dan penjelasan pengambaran diri yang dituliskan secara singkat, jelas dan padat juga akan menarik perhatian HRD dengan begitu maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pelamar dalam penulisan pengambaran dirinya sehingga dapat menarik perhatian HRD, yaitu :

1.Personal SWOT Analysis

Dengan melakukan SWOT terhadap diri sendiri dapat membuat individu mengenali dirinya lebih baik, dengan begitu ia akan lebih percaya kepada dirinya.

2. Pentingnya Personal Branding

Personal Branding ini bisa dituliskan pada bagian Personal statement karena di bagian inilah yang mudah dilihat oleh HRD. Beberapa hal yang bisa Anda tulis adalah pernyataan tentang siapa Anda, kapabilitas apa yang Anda miliki, talenta yang bisa dieksplor dan juga pemahaman kita tentang perusahaan yang dilamar. Biasanya personal statement ini berisikan 4-5 kalimat atau 1 paragraf.

3. Kecakapan

Kecakapan di sini bisa diisi dengan hard skills maupun soft skills yang dimiliki. Gelar yang Anda miliki, kemampuan berbahasa asing dan juga komputer adalah contoh dari hard skills. Sementara soft skills adalah kemampuan Anda dalam teamwork, kepemimpinan, pengaturan waktu, pemecahan masalah serta pengambil keputusan.

4. Uniqueness

Kenali dan cari tahu keunikan apa yang Anda miliki, apa yang membedakan Anda dengan kebanyakan orang. Semakin tersegmentasi kemampuan Anda maka akan semakin terlihat.

“Di manapun, kapanpun, dan kepada siapapun dan dalam menyikapi apapun, pentingnya manners. Bagaimana cara menjawab, memilih kata, dan juga memberikan umpan balik itu penting.” tutur ibu Vivid Anggraini sebagai penutup keberlangsungan acara webinar tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini