Share

Kampus di Mesir yang Jadi Incaran Mahasiswa Indonesia, dari Al Azhar hingga Cairo University

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 26 Maret 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 65 2566442 kampus-di-mesir-yang-jadi-incaran-mahasiswa-indonesia-dari-al-azhar-hingga-cairo-university-1GHEDuhpA9.jpg Ilustrasi. (Foto: Fulcrum)

JAKARTA - Mesir merupakan salah satu negara yang sering menjadi incaran mahasiswa Indonesia. Negara ini memiliki pusat peradaban keagamaan Islam dengan kemajuan ilmu pengetahuannya sejak berabad lampau.

Melansir laman worldscholarshipforum, ada 55 universitas di Mesir, dengan 25 di antaranya universitas negeri dan sisanya universitas swasta. Di antara universitas-universitas tersebut, berikut merupakan kampus-kampus di Mesir yang jadi incaran mahasiswa Indonesia.

• Al-Azhar University

Universitas Al-Azhar merupakan lembaga ilmu pendidikan tertua di dunia, sekaligus sebagai bukti bahwa peradaban Islam lebih maju dan lebih dahulu ada dibandingkan dengan bangsa Barat. Didirikan oleh Dinasti Fatimid tahun 970, Universitas Al-Azhar menjadi pusat pembelajaran Islam di Kairo, Mesir. Universitas ini mencetak para ulama-ulama besar di dunia.

Selain sebagai pusat ilmu pendidikan tertua, Al-Azhar juga merupakan salah satu universitas terbaik di Mesir. Di Al-Azhar University tersedia beasiswa untuk para mahasiswanya. Dengan beragam kelebihan tersebut, banyak mahasiswa Indonesia yang mengincar Universitas Al-Azhar untuk mempelajari lebih dalam mengenai agama Islam.

• Cairo University

Universitas Cairo terletak di Giza, Mesir. Sebelum bernama Cairo University, kampus ini pernah dinamakan Egyptian University dan Fuad University. Terdapat 25 jurusan di Universitas Cairo, di antaranya fakultas pertanian, fakultas arkeologi, fakultas teknik, dan fakultas hukum. Universitas ini dikenal dengan para lulusannya yang menjadi ilmuwan dan tokoh dunia.

Walaupun bahasa resmi Mesir adalah bahasa Arab, namun bahasa pengantar di Cairo University ialah bahasa Inggris. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas beasiswa yang diberikan oleh kampus yang menjadi salah satu kampus dengan peringkat terbaik di Mesir ini.

Follow Berita Okezone di Google News

• Ain Shams University

Universitas Ain Shams berdiri pada Juli 1950. Kampus ini sebelumnya pernah menyandang nama Ibrahim Pasha University. Universitas Ain Shams memiliki tujuh lokasi kampus, yakni empat kampus ada di Alabassya, dua di Heliopolis, dan satu di Shubra El Kheima.

Universitas ini merupakan penyumbang ilmu pengetahuan terutama dalam bidang astronomi, teknik, dan kedokteran. Sama seperti kampus lainnya, universitas ini juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya.

• Alexandria University

Universitas ini didirikan pada 1938 dan merupakan salah satu universitas terbesar di Mesir. Sesuai namanya, Universitas Alexandria terletak di Kota Alexandria yang menjadi pusat budaya dan ekonomi Mesir. Pada masa awal, program studi di kampus ini ialah ilmu sosial, teknik, hukum, medis, dan seni.

Kini telah berkembang menjadi total 23 program studi, dengan tambahan spesialisasi baru, yaitu program pendidikan turisme dan olahraga. Universitas yang telah banyak melahirkan para ilmuwan dan tokoh-tokoh dunia ini juga memiliki program beasiswa untuk para mahasiswanya.

*Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini