Share

Apa Arti Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan?

Aulia Oktavia Rengganis, Okezone · Jum'at 18 Maret 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 624 2563902 apa-arti-pentingnya-partisipasi-masyarakat-dalam-pembangunan-g7tHS60Qj2.jpg Arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan bukti nyata dari kehidupan berdemokrasi. Masyarakat harus terlibat dalam pembangunan demi hasil yang akan dicapai. Simak lebih lanjut mengenai seperti apa partisipasi masyarakat dalam pembangunan!

Masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan yang terkait oleh suatu rasa identitas bersama (Koentjaraningrat, 2004).

Pembangunan adalah proses perubahan yang mencangkup seluruh sistem sosial sosial, politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan, teknologi, kelembagaan, dan budaya (Alexander, 1994).

Untuk mencapai keberhasilan pembangunan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sangat diperlukan. Pembangunan dapat berjalan terus menerus tetapi hasilnya akan sangat berbeda apabila pembangunan tersebut didukung dengan partisipasi masyarakat. Demikian dikutip dari Jurnal “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Talikuran Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa” oleh Inggrid Kawulur, dkk.

Tujuan utama pembangunan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Tanpa adanya keterlibatan masyarakat maka hasil dari pembangunan belum tentu menjawab kebutuhan masyarakat dan belum tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya juga masyarakat harus melibatkan diri dalam pembangunan baik dalam bentuk finansial maupun tenaga, karena peran dari masyarakat sangat penting dalam setiap pembangunan. Dengan adanya peran dari masyarakat akan menjawab tujuan dari pada pembangunan.

Untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan, inisiatif, dan kreatifitas dari keanggotaan masyarakat yang lahir dari kesadaran dan tanggung jawab sebagai manusia yang hidup bermasyarakat dan diharapkan tumbuh berkembang sebagai suatu partisipasi.

Contoh bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan, yakni:

1. Melalui keikutsertaan masyarakat, keterlibatan secara sukarela dengan memberi diri secara langsung.

2. Membantu segala hal yang berkaitan dengan pembangunan guna menunjang pelaksanaan pembangunan baik berupa uang, tenaga, barang, material.

3. Memberikan informasi yang berguna bagi pelaksanaan pembangunan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini