Share

Makna Pemerintah Pusat dalam Desentralisasi, Ini Menurut Undang-Undang!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 07 Maret 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 624 2557418 makna-pemerintah-pusat-dalam-desentralisasi-ini-menurut-undang-undang-sEWbwoN1i0.jpg Ibu Kota Nusantara (Foto: istimewa)

JAKARTA - Makna pemerintah pusat akan dibahas pada artikel kali ini. Bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah biasanya sering diberikan pertanyaan seperti ini oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila. Simak artikel kali ini untuk tahu pembahasannya.

Indonesia merupakan sebuah negara dengan bentuk pemerintahan republik. Dengan beragam kebudayaan yang tersebar di banyak pulau, tentunya masyarakat Indonesia memiliki banyak latar belakang yang berbeda-beda. Karena inilah pemerintah Indonesia membagi sistem menjadi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca juga: Banyak Masyarakat yang Bicara Pancasila Seabatas Pidato

Tentunya hal ini memiliki tujuan tersendiri. Lantas, apakah makna pemerintah pusat? Berikut ulasannya.

Makna Pemerintah Pusat

Dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, yang dimaksud dengan pemerintah pusat adalah pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negara. Dengan dibantu oleh Wakil Presiden Republik Indonesia beserta menteri negara, sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Baca juga: Bagaimana Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara pada Masa Awal Kemerdekaan?

Maka, makna pemerintah pusat ialah bentuk pemerintahan yang berada di pusat negara yang mana sekaligus menjadi pusat penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia. Penyelenggaraan pemerintah pusat dipegang oleh orang nomor satu di Indonesia, yaitu Presiden. Dengan dibantu oleh Wakil Presiden beserta jajaran menteri kenegaraan.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemerintah pusat memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada pemerintah daerah. Yang mana pemerintah pusat berkedudukan di ibu kota negara Republik Indonesia. Hal ini berkaitan dengan asas desentralisasi, tugas pembantu, dan dekonsentrasi yang berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah.

Selain itu, pemerintah pusat juga memiliki fungsi dan juga wewenangnya sendiri. Fungsi pemerintah pusat antara lain sebagai pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan. Sedangkan kewenangannya adalah terhadap dana keuangan negara, perecanaan nasional, dan sistem administrasi lembaga perekonomian negara.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Makna Pemerintah Pusat.

Baca juga: Kelebihan Demokrasi Pancasila, Apa Saja?

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini