Share

Ciri dan Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Apa Saja?

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 07 Maret 2022 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 624 2557412 ciri-dan-karakteristik-tata-kelola-pemerintahan-yang-baik-apa-saja-dNfFwC6D5U.jpg Ilustrasi tata kelola pemerintahan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ciri dan karakteristik tata kelola pemerintahan yang baik ialah suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab dan sejalan dengan prinsip demokrasi dengan pasar yang efisien.

Selain itu pemerintahan yang baik adalah menghindari salah alokasi dana investasi, dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administratif, menjalankan disiplin anggaran serta menciptakan legal and political framework (hukum dan kerangka politik) bagi tumbuhnya aktivitas usaha.

Pada ilmu politik dan administrasi publik, dipelajari mengenai tata kelola pemerintahan yang baik merupakan suatu konsep yang belakangan ini banyak dibahas.

Baca juga: Butuh Perubahan Mindset dalam Mengelola Tata Negara

Lantas bagaimana ciri dan karakteristik tata kelola pemerintahan yang baik?

Dalam tata kelola pemerintahan yang baik,ada tiga unsur pokok yang bersifat sinergis antara lain: Unsur pemerintah yang dipercaya menangani administrasi negara pada suatu periode tertentu, unsur swasta/wirausaha yang bergerak dalam pelayanan publik, serta lemen atau Unsur warga masyarakat (stakeholders).

 Baca juga: Terungkap! Ini Dia Penyebab Tata Kelola Pemerintah Bermasalah

Pemerintahan yang baik merupakan bentuk pengelolaan negara dan masyarakat yang bersandar pada kepentingan rakyat. Kedua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dapat musyawarah serta merencanakan program kerja untuk masa mendatang.

Ciri-ciri Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, antara lain: Independensi, yakni menciptakan saling ketergantungan yang dinamis antara pemerintah, swasta, dan masyarakat melalui koordinasi dan fasilitasi. Proses penguatan diri sendiri (self enforcing process), ada upaya untuk mendirikan pemerintah (self governing) dalam mengatasi kekacauan dalam kondisi lingkungan dan dinamika masyarakat yang tinggi.

Selain itu, terwujudnya interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, terutama bekerja sama dalam pengaturan kehidupan sosial politik dan sosio-ekonomi. Komunikasi, adanya jaringan multisistem (pemerintah, swasta, dan masyarakat) yang melakukan sinergi untuk menghasilkan output yang berkualitas.

Keseimbangan kekuatan (balance of force), dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), ketiga elemen yang ada menciptakan dinamika, kesatuan dalam kompleksitas, harmoni, dan kerja sama.

Ciri dan karakteristik tata kelola pemerintahan yang baik membutuhkan berbagai hubungan yang sinergis antarlembaga baik dari pihak pemerintah maupun pihak masyarakat, swasta. Pasalnya tidak hanya unsurnya saja yang dibutuhkan, melainkan jejaring yang menjalankannya pula.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini