Share

Inovatif! 2 Siswa Asal Bangka Belitung Ini Bikin Alat Pendeteksi Alkohol

Rizki Ramadhani, iNews · Rabu 23 Februari 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 624 2551715 inovatif-2-siwa-asal-bangka-belitung-ini-bikin-alat-pendeteksi-alkohol-AXa62ww4gG.jpg Dua siswa asal Bangka Belitung temukan alat pendeteksi alkohol (Foto : iNews)

BANGKA BELITUNG - Inovatif, dua siswa jurusan teknik elektronika SMKN 1 Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menciptakan alat pendeteksi kadar alkohol.

Alat yang diberi nama Adek V2 atau Alkohol Detektor, mampu mendeteksi kadar alkohol di udara, serta di lingkungan sekitar termasuk di dalam makanan dan minuman.

Pendeteksi alkohol itu diciptakan oleh dua orang siswa SMKN 1 Muntok, yakni Mardinata Indra (17) dan Bayu Reza (19). Keduanya menciptakan alat tersebut saat hendak mengikuti pameran edu fair bangka belitung tahun 2021.

Alat yang diberi nama Adek V2 di mana komponen yang digunakan masih sederhana, yakni terdiri dari sensor MQ3, Wimos D1 mini sebagai IC atau otak program, batere 5 volt dan sebuah aplikasi di Android.

2 siswa asal Bangka Belitung ini temukan alat pendeteksi alkohol (Foto : iNews)

Mardinata Indra menyampaikan, cara kerja Adek V2, bermula pada sensor MQ3 menangkap uap atau aroma yang dihasilkan dari alkohol, kemudian wimos langsung memproses dan mengelola data, dan outputnya bisa dicek di aplikasi di Android.

Karya Mardinata dan Bayu telah mendapatkan apresiasi dari Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra, bahkan Jenderal bintang dua tersebut langsung memesan sebanyak 10 unit sebagai alat untuk membantu pengembangan kasus.

"Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar alkohol pada makanan, minuman, atau orang-orang di sekitar kita apakah mengkonsumsi lakohol yang dihasilkan dari uapnya," ujar Mardinata.

Sementara itu, Hafiz Nurfikri sebagai guru pembimbing dua siswa itu berharap ada bantuan pemerintah untuk pengembangan Adek V2 dari siswanya.

Saat ini, Mardinata dan Bayu masih melakukan pengembangan Adek V2 ke versi ketiga agar alat ini bisa digunakan lebih luas lagi oleh masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini