Share

4 Mahasiswa UI Buat Mesin Cetak Printbox Aman dari Pencurian Data

Iyung Rizki, iNews · Selasa 22 Februari 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 65 2551285 4-mahasiswa-ui-buat-mesin-cetak-printbox-aman-dari-pencurian-data-COd82O5elj.jpg Mahasiswa UI membuat mesin cetak printbox (Foto: Iyung Rizki)

JAKARTA - Keamanan data merupakan isu penting yang belakangan menjadi perbincangan publik. Biasanya data bisa berpindah atau terbaca oleh orang tak dikenal atau keteledoran pemilik data. Hal ini tentunya bisa berbahaya dan bisa disalahgunakan. Atas dasar tersebut, empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI) mengembangkan printbox. Yakni sebuah inovasi alat untuk mencetak atau meng-copy dokumen yang diklaim aman dari pencurian data dan dapat diakses secara mandiri.

Mesin cetak ini dikembangkan empat mahasiswa UI yaitu Alif Hikmah, Joshua Alviando, Yoga Dwi dari Fakultas Teknik dan Ardanto Finkan dari Fakultas Ilmu Komputer.

Mesin ini diklaim aman dari pencurian data lantaran data dokumen yang akan dicetak atau di-copy tidak terekam oleh sistem karena mesin ini terprogram enkripsi end to end atau sistem komunikasi.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI Sabet 5 Medali di PON Papua

Nantinya hanya pengguna yang sedang berkomunikasi yang dapat membaca pesan tersebut dan tidak ada yang dapat mengaksesnya karena setelah tercetak dokumen akan sendirinya terhapus.

Baca juga: Mahasiswa UI Ciptakan UniTax untuk Tingkatkan Kepatuhan Pajak   

Follow Berita Okezone di Google News

Cara kerja mesin inipun terbilang mudah. Pengguna tinggal membuka website yang terkoneksi dengan mesin kemudian mengupload dokumen yang akan dicetak. Lalu pengguna bisa memilih hasil cetakan berwarna atau hitam putih dan jumlah salinan yang akan dicetak.

Setelah itu pengguna akan diarahkan untuk melakukan pembayaran menggunakan digital payment. Kemudian pengguna akan langsung mendapatkan qr code yang bisa langsung di-scan di mesin tersebut.

Printbox juga menghilangkan kebutuhan dengan costumer service saat mencetak dokumen. Selain data aman, teknologi dengan transaksi yang sederhana dan mandiri ini juga bisa digunakan 24 jam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini