Share

Pahami Cara Berkembang Biak Ikan Salmon, Unik!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 17 Februari 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 624 2548631 pahami-cara-berkembang-biak-ikan-salmon-unik-fCnDxO2s1j.jpg Ilustrasi Ikan Salmon (Foto: Ist)

JAKARTA - Cara berkembang biak ikan berbeda dengan hewan pada umumnya. Berkembang biak sendiri diartikan sebagai proses terbentuknya individu baru yang sama jenisnya dengan individu yang menghasilkannya.

Proses berkembang biak yang dilakukan makhluk hidup bertujuan untuk memperbanyak diri agar jenis atau spesiesnya tidak mengalami kepunahan. Ikan sebagai makhluk hidup juga melakukan proses berkembang biak.

Lantas, bagaimana proses berkembang biaknya ikan?Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam proses berkembang biak, terdapat beberapa ikan yang memanfaatkan daerah tertentu untuk bertelur, salah satunya ikan Salmon. Ikan Salmon akan berenang ke hulu sungai untuk bertelur dan saat menetas mereka akan kembali ke laut.

Umumnya, para induk ikan Salmon akan mencari tempat sebagai sarang telurnya, seperti bebatuan atau karang. Setelah menemukan sarang yang cocok untuk tempat telurnya, ikan Salmon betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Telur tersebut berjumlah lebih dari 5.000 butir dan hanya dilapisi oleh selaput tipis.

Kemudian, ikan Salmon jantan akan mengeluarkan sperma. Sperma tersebut menembus selaput telur dan membuahi sel telur. Pertemuan antara sperma dan sel telur akan membentuk calon bayi yang biasa disebut embrio.

Berbeda dengan mamalia, di dalam telur sudah tersedia makanan bagi embrio ikan Salmon. Tak hanya itu, umumnya induk-induk ikan Salmon tidak menjaga dan menunggu telur-telurnya menetas.

Uniknya lagi, induk betina dapat bertahan dan menghasilkan telur hingga 7 kali namun sebagian besar induk ikan yang telah bertelur akan mati. Sedangkan sebagian yang masih hidup akan menghabiskan waktu untuk menempuh perjalanan kembali ke laut.

Setelah menetas, anak ikan akan menghabiskan waktunya untuk hidup di sungai antara enam bulan sampai tiga tahun, tergantung pada jenis ikannya. Selanjutnya mereka akan kembali ke laut.

Demikian cara berkembang biak ikan Salmon. Dengan ulasan ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam belajar materi tentang berkembang biak hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini