Share

Gempa Banten, UMB Terjun ke Lapangan Kirim Bantuan

Tim Okezone, Okezone · Senin 14 Februari 2022 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 65 2546744 gempa-banten-umb-terjun-ke-lapangan-kirim-bantuan-yCiWsKmY6q.jpg Universitas Mercu Buana kirim bantuan peduli gempa selat sunda (Foto: Dok UMB)

JAKARTA - Gempa Magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Sumur, Banten pada 13 Januari 2022. Gempa yang berpusat di kedalaman 10 km dengan jarak 52 km dari Sumur telah merusak lebih dari 400 rumah penduduk dan tempat ibadah.

Universitas Mercu Buana (UMB) ikut turun tangan membantu mendirikan tempat ibadah yang rusak berat dan diambrukan warga untuk dibuat bangunan baru, pada Minggu 13 Februari 2022. Masjid Miftahul Jannah itu terletak di kawasan Ujung Kulon, RT 2 RW 6 kampung Legon Pakis Desa Ujung Jaya Kecamatan Sumur.

Baca Juga:  15 PTS Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2022, Ini Daftarnya

Wakil Rektor bidang Sumber Daya dan Pemasaran, Hadri Mulya menyampaikan, bantuan pembangunan Masjid Miftahul Jannah merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi unsur pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan agar kehadiran UMB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Pada gempa yang terjadi tahun 2018 di tempat yang sama, kami membantu pembangunan 3 tempat ibadah yang rusak dan alhamdulillah sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat di kecamatan Sumur," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (14/2/2022).

Terpisah, Direktur Sumber Daya, Augustina Kurniasih mengatakan, Yayasan Menara Bhakti melalui UMB sangat peduli terhadap berbagai musibah yang terjadi di Tanah Air, sebelum peduli gempa Selat Sunda, Pandeglang, Banten, pada 17 sampai dengan 22 Desember 2021, pihaknya mengirimkan bantuan untuk warga kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga:  Ini Sederet Inovasi yang Lahir Dari Perguruan Tinggi, Nakes Robot hingga Motor Listrik

Ketua DKM Manarul 'Amal Universitas Mercu Buana Achmad Jamil, yang datang langsung membawa bantuan ke lokasi menyampaikan bantuan UMB akan disalurkan dalam dua tahap, tahap pertama material fondasi dan pada Maret 2022 setelah struktur tiang-tiang sudah siap, bantuan tahap kedua berupa pemasangan atap agar masjid dapat digunakan untuk kegiatan Ramadhan.

Sementara Ketua dan Sekretaris Pembangunan Masjid Miftahul Jannah Ujung Kulon, Udin (41) dan Sarid (40), mengucapkan terima kasih atas perhatian UMB pada warga kelurahan Ujung Jaya yang saat ini membutuhkan sarana tempat ibadah.

"Masjid ini menampung jamaah dari 3 kampung di keluragan Ujung Jaya," katanya.

Sarid menambahkan, selama proses pembangunan masjid, kegiatan ibadah untuk sementara dilakukan di majlis taklim yang terletak berhadapan dengan bangunan masjid yang sedang tahap fondasi.

Imam Masjid Miftahul Jannah Ustadz Rohman (37) menyampaikan, saat gempa, dia anaknya Khairunnisa (3) sedang berada di dalam masjid, bangunan bergetar dan tembok-tembok retak. Untuk beberapa saat Rohman dan putri kecilnya tidak berani keluar masjid, khawatir tertimpa puing kubah yang berjatuhan. Seminggu setelah gempa, masjid diratakan dengan alat berat.

"Padahal, baru 3 bulan masjid direnovasi warga yang menelan biaya puluhan juta rupiah," ujar Rohman.

Pihaknya berterima kasih kepada UMB dan mendoakan bagi kemajuan dan kesuksesan seluruh sivitas akademika UMB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini