Share

Bagaimana Cara Berbakti Kepada Orang Tua? Simak Ulasannya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 09 Februari 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 624 2544561 bagaimana-cara-berbakti-kepada-orang-tua-simak-ulasannya-Gn71Ka5BBI.jpeg Cara-cara berbakti ke orangtua. (Foto: Ilustrasi/Muslim Vibe)

BAGAIMANA cara berbakti kepada orang tua? Sebagai seorang anak tentunya kita sering memikirkan pertanyaan seperti itu. Berbakti kepada kedua orang tua menjadi sebuah bukti bahwa seorang anak ingin berterimakasih kepada kedua orang tuanya.

Berbakti kepada kedua orang tua terdapat dalam ajaran agama Islam atau sering disebut sebagai birrul walidain. Hal ini dianggap wajib dalam agama islam, bahkan nabi Muhammad SAW pernah bersabda jika berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan sangat dicintai oleh Allah SWT.

Hal serupa juga tertuang dalam Al Quran surah Luqman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Artinya : Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman:14)

Melansir dari berbagai sumber, Okezone akan menjelaskan bagaimana cara berbakti kepada orang tua. Berikut penjelasannya.

Bagaimana Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya dilakukan ketika orang tua masih hidup. Namun juga ketika orang tua sudah berpulang ke hadapan Allah SWT, kita masih harus tetap berbakti.

Berikut cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup:

Bertutur kata yang lembut saat berbicara dengan orang tua.

Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Mematuhi perintah kedua orang tua.

Selalu berikap sopan dan santun kepada kedua orang tua.

Sebisa mungkin bersikap sabar dan menahan amarah.

Menghormati pilihan kedua orang tua.

Memprioritaskan orang tua

Merawat orang tua ketika sakit

Memberikan hadiah kepada orang tua meski pun tidak diminta.

Jangan pernah menyia-nyiakan orang tua.

Lalu, bagaimana dengan orang tua yang telah meninggal duna? Berikut Okezone berikan contohnya.

Selalu mendoakan kedua orang tua dan selalu memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah dilakukan orang tua selama masih hidup.

Tetap menjalin tali silaturahmi dengan kerabat orang tua dan juga kerabat kandung seperti adik dan kakak.

Bersedekah atas nama orang tua.

Berusaha melunasi hutang yang ditinggalkan kedua orang tua.

Selalu menjaga nama baik kedua orang tua.

Demikian penjelasan dari Okezone mengenai bagaimana cara berbakti kepada orang tua. Semoga dengan ini, kita selalu menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini