Share

5 Akibat yang Akan Ditanggung jika Tidak Pandai Bersyukur

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 08 Februari 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 65 2544144 5-akibat-yang-akan-ditanggung-jika-tidak-pandai-bersyukur-Y5YEcRcD0F.jpg Ilustrasi bersyukur (Foto: Medium)

JAKARTA - Bersyukur merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh manusia. Karena manusia merupakan mahluk yang paling sempurna dibanding mahluk yang lain, maka dari itu pasti akan ada akibat bagi orang yang tidak pandai bersyukur.

Kewajiban seorang muslim selain beribadah dan menyembah Allah yaitu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Tak ada seorang pun yang dapat menghitung nikmat yang telah diberikan kepada setiap individu. Sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nahl ayat 18:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Baca juga: Miliarder Jepang: Pergi ke Luar Angkasa Bikin Lebih Bersyukur

Nah, lalu bagaimana akibat orang yang tidak pandai bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan? Yuk simak poin-poin berikut yang telah diolah dari berbagai sumber:

1. Mendapatkan adzab dari Allah SWT

Hukuman bagi orang yang tidak pandai beryukur telah tercantum dalam Al Quran yaitu mendapatkan adzab yang sangat pedih dari Allah karena Allah tidak menyukai orang yang kufur, bahkan melarang umat muslim menjadi bagian dari orang-orang yang kufur.

Baca juga: Sering Bersyukur Yuk, Ini 7 Manfaatnya
 

2. Mendapatkan dosa besar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang tidak bisa bersyukur atau ornag kufur merupakan orang yang dibenci oleh Allah. Melakukan hal yang tidak disukai Allah tentunya akan mendapatkan dosa besar.

3. Menjadi sombong

Orang kufur berpotensi menjadi orang yang sombong. Sebab, ia merasa keberhasilan atau nikmat yang telah didapat merupakan hasil kerja kerasnya sendiri. Padahal, disetiap langkah atau perbuatan yang kita lakukan pasti selalu ada campur tangan Allah SWT.

4. Hati tidak tenang dan bahagia

Terus menerus mengeluh merupakan salah satu perilaku orang kufur. Tentunya hal ini tidak memberikan ketenangan dan kebahagiaan.

5. Mudah marah

Orang kufur akan selalu merasa kurang karena selalu merasa Allah tidak adil dan mudah marah.

Demikianlah bagaimana akibat orang yang tidak pandai beryukur. Kiranya sebagai seorang muslim kita harus menghindari perbuatan orang yang kufur akan nikmat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini