Share

Program Merdeka Belajar Jadi Tonggak Asah Kompetensi Mahasiswa

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Senin 31 Januari 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 65 2540665 program-merdeka-belajar-jadi-tonggak-asah-kompetensi-mahasiswa-0ybZgzCAsZ.jpg Ilustrasi Program Belajar Merdeka (Foto: Okezone)

JAKARTAKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mengembangkan sinerginya supaya dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Dalam hal ini agar terciptanya peserta didik yang dapat melakukan pembaharuan demi pembaharuan dalam setiap waktu agar terus berkembang. Tidak hanya mampu berpendidikan tinggi akan tetapi juga mampu menjadi sebuah agen perubahan dalam lingkup kecil maupun besar.

Kemendikbudristek merilis sebuah program Merdeka Belajar untuk memberikan kesempatan mahasiswa mencari pengalaman belajar diluar jurusannya.

Baca juga:  Atdikbud Canberra Promosikan Program Merdeka Belajar di Kancah Dunia

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari selaku Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) angkat bicara mengenai begitu efektifnya program Merdeka Belajar yang kelak dapat menjadi tonggak awal kompetensi para Mahasiswa.

Baca juga: Apakah Merdeka Belajar Solusi Pendidikan?

"Program Pak Menteri ini bagus sekali karena akan lebih membuka wawasan mahasiswa, dari yang tidak bisa menjadi bisa. Di samping itu tujuan nya supaya mahasiswa dapat mengasah kompetensi diri sejak awal perkuliahan" ujarnya.

Rektor (ITS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini juga menjelaskan program Merdeka Belajar ini mempunyai peran untuk mahasiswa yang nantinya agar tidak kaku saat terjun ke masyarakat.

"Program ini membawa empati, ada banyak sekali saat kita jumpai, mahasiswa ini cuek dengan sekitarnya, untuk itu pada saat kuliah nanti kita selesaikan dengan program merdeka belajar mengasah kawan-kawan kita ini terjun di masyarakat." jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini