Share

Tokoh-Tokoh Sukses yang Belajar Secara Otodidak, dari Elon Musk hingga Bill Gates

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 29 Januari 2022 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 65 2538733 tokoh-tokoh-sukses-yang-belajar-secara-otodidak-dari-elon-musk-hingga-bill-gates-4ljWQ8ZId7.jpg Elon Musk. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menjadi tokoh yang sukses tidak harus belajar secara formal. Buktinya, banyak dari mereka yang memperoleh kesuksesan lantaran belajar secara otodidak alias belajar sendiri. Berikut 3 di antaranya.

Elon Musk

Bos Tesla dan miliarder Elon Musk rupanya merupakan sosok jenius yang mempelajari sesuatu secara otodidak. Ia memiliki perusahaan yang fokus pada pengembangan roket dan bisa digunakan untuk pergi ke luar angkasa.

Perusahaan itu bernama SpaceX. Ternyata, Musk belajar sendiri terkait luar angkasa. Ia banyak membaca buku tentang kedirgantaraan, perkembangan roket, dan perjalanan luar angkasa. Pengusaha yang juga rekan Musk, Jim Cantrell, bahkan menyebut bahwa Musk adalah orang tercerdas yang ia temui, sebagaimana dilansir dari laman Autodidactic Society.

Musk bahkan tidak perlu mencatat apa pun selama membaca. Musk bisa dengan mudah mengingat semua hal yang sudah ia baca. Padahal, Cantrell tahu bahwa Musk membaca banyak buku dan bahan bacaan lain.

James Cameron

Sutradara kenamaan James Cameron juga belajar tentang dunia perfilman secara otodidak. Awalnya, ia berencana untuk menempuh pendidikan Fisika di California. Namun, Cameron tidak berhasil menamatkannya dan banting stir menjadi sopir truk.

Hingga akhirnya Cameron tertarik untuk menulis cerita fiksi ilmiah di waktu luangnya. Dirinya berpikir bahwa ia harus mengetahui banyak hal termasuk industri perfilman.

Meskipun tidak pernah mengikuti kursus apa pun tentang teknik pembuatan film, Cameron merasa tertarik membuat sebuah karya usai meledaknya film Star Wars di tahun 1977.

Dia belajar sendiri tentang bagaimana cara mengambil gambar yang baik, merekam gambar, dan menjadi sutradara. Berkat kegigihannya, Cameron mumpuni dalam memproduksi beberapa film yang sangat laris seperti Avatar, Titanic, dan The Terminator.

Bill Gates

Satu lagi tokoh dunia yang sukses berkat kemampuan otodidaknya adalah Bill Gates, pendiri Microsoft. Sejak kecil, Gates sudah terbiasa mempelajari segala sesuatunya sendiri. Bahkan, ketika ia putus kuliah, Gates juga terus membaca dan mempelajari banyak hal.

Michael Specter, seorang penulis, menyebut Gates sebagai ‘seorang otodidak yang gemar membaca, membaca, dan membaca’, sebagaimana dilansir dari Slate. Entah sudah berapa banyak buku yang dilahap oleh Gates. Tidak hanya mempelajari tentang dunia teknologi,

Gates juga banyak membaca buku seputar biologi, imunologi dan biokomia. Gates ingin sekali bisa banyak berbincang dengan orang lain, dengan topik perbincangan yang beragam.

*diolah dari berbagai sumber

 Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini