Share

Kisah Profesor Fisika Legendaris, 40 Tahun Mengajar di Ruang yang Sama

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 27 Januari 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 65 2538723 kisah-profesor-fisika-legendaris-40-tahun-mengajar-di-ruang-yang-sama-FeaXb7xLr7.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Pakar fisika legendaris Profesor Walter Hendrik Gustav Lewin merupakan salah satu dosen yang pernah mengajar di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

(Baca juga: Bercita-cita Jadi Peneliti, Ini Cerita Mahasiswa ITB yang Asah Kemampuan di Kompetisi Fisika)

Melansir situs thetech.com, Kamis (27/1/2022) Profesor Lewin sudah mengajar di universitas tersebut sejak tahun 1972. Pria asal Belanda tersebut selalu mengajar di ruangan yang sama, yaitu ruang 26-100.

Profesor Lewin mengajarkan 3 mata kuliah, yaitu Mekanik, Listrik dan Magnet, serta Gelombang dan Getaran. Beliau terkenal akan kemampuannya memberikan pelajaran yang unik dan menarik terhadap mahasiswanya.

 (Baca juga: Kemendikbudristek: Jumlah Profesor di LLDikti Wilayah III Bertambah Jadi 291 Orang)

Salah satunya yang terkenal adalah ketika dia melepas pendulum besar dari dagunya untuk membuktikan energi kinetik dan momentum kepada mahasiswanya.

Kini, sudah hampir 11 tahun lebih sejak Profesor Lewin memberikan kuliah terakhirnya. Saat itu, dirinya mengaku cukup emosional ketika harus menyudahi waktunya dalam mengajar.

"Saya telah memberikan, di ruang kuliah ini, sekitar 800 kuliah. Dan sangat menyenangkan bisa kembali ke sini, tetapi sangat menyakitkan mengetahui bahwa ini adalah kuliah terakhir saya di 26-100," ungkapnya.

"Karena itu saya telah memutuskan bahwa saya ingin meninggalkan Anda dengan gaya. Cara saya akan melakukan ini, adalah saya akan meninggalkan 26-100 di roket pribadi saya sendiri," tutup Lewin.

Materi terakhir yang diberikan oleh Profesor Lewin adalah ketika dirinya mengendarai sepeda yang ditenagai oleh gas berisikan CO2. Sepeda itu membawanya dari sudut ruangan menyeberanh ke sudut ruangan lain.

Materi tersebut tidak hanya dihadiri oleh siswa aktif saja, melainkan juga alumni dan koleganya. Jasa Profesor Lewin dalam dunia pendidikan di MIT tidak akan pernah dilupakan sampai kapanpun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini