Share

Lansia Meninggal Dituding Maling, Sosiolog Unpad Sebut Rasa Curiga Masyarakat Tinggi

Arif Budianto, Koran SI · Rabu 26 Januari 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 65 2537959 lansia-meninggal-dituding-maling-sosiolog-unpad-sebut-rasa-curiga-masyarakat-tinggi-rT16jiRLsy.jpg Ilustrasi pengeroyokan (Foto: Okezone)

BANDUNG - Kejadian lanjut usia (lansia) dituding maling dan dikeroyok hingga meninggal dunia menjadi peristiwa tragis mestinya tidak terjadi. Masyarakat mestinya tidak mudah terpancing dan melakukan cek dan ricek informasi sebelum melakukan tindakan.

Sosiolog dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Nunung Nurwati mengatakan, kejadian tersebut menandakan rasa curiga masyarakat sangat tinggi dan mudah diprovokasi. Masyarakat dengan mudahnya melakukan tindakan tanpa terlebih dulu melakukan cek ricek kebenarannya.

"Kenapa masyarakat bisa berperilaku seperti itu, karena mereka sudah jenuh. Mereka jenuh dengan ketidakpastian hidup, kebijakan, dan penerapan aturan. Intinya, frustasi atas kondisi kehidupan yang terjadi," kata dia kepada MPI, Selasa (25/2/2022).

Baca juga:  Tragis! Lansia Tewas Dikeroyok Massa karena Diteriaki Maling, Padahal Faktanya Begini

Dia menejelaskan kondisi itu menyebabkan masyarakat gampang sekali tersulut emosi. Ada sedikit saja kejadian, mereka langsung bereaksi. Melakukan tindakan yang serba instan. "Lama kelamaan akan berpengaruh ke perilaku mereka, " jelasnya.

Baca juga: Lansia yang Tewas Dikeroyok karena Dituduh Mencuri Sempat Dapat Ancaman Pembunuhan

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini