Share

Ini Trend Dunia Kerja di 2022, Fresh Graduate Perlu Tahu

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 25 Januari 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 65 2537471 ini-trend-dunia-kerja-di-2022-fresh-graduate-perlu-tahu-b7esyd2RFf.jpg Ilustrasi. (Foto: freepik)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun tidak hanya memicu banyak perubahan dalam kehidupan sosial, tetapi juga menyebabkan perubahan di dunia kerja.

Memang dengan adanya perubahan zaman dan teknologi akan menyebabkan banyak jenis-jenis pekerjaan yang akan hilang. Namun di sisi lainnya akan muncul banyak pekerjaan jenis baru di masa depan.

BACA JUGA: Ini Daftar Kemampuan yang Diperlukan di Dunia Kerja

Hal inilah yang perlu diantisipasi oleh dunia pendidikan dan juga industri untuk bersama-sama berkolaborasi menghasilkan lulusan yang dibutuhkan di masa depan.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 juga telah membuat perusahaan di seluruh dunia semakin menyadari pentingnya digitalisasi dan penerapan teknologi modern untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mengutip instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, ada tiga tren dunia kerja yang berubah di 2022 ini.

BACA JUGA: Perguruan Tinggi Harus Antisipasi Dinamika Perubahan Dunia Kerja

Oleh karena itu, simak tren dunia kerja di 2022 dibawah ini terutama untuk fresh graduate agar bisa cepat beradaptasi di dunia kerja.

1. Hybrid working

Merupakan kombinasi dari kebijakan work from home dan work from office. Bekerja jarak jauh sudah menjadi kebiasaan sejak adanya pandemi. Remote working memungkinkan para pekerja untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat

2. Masuknya generasi Z 

Gen-z memiliki pendekatan yang unik dan punya perspektif baru terhadap pekerjaan. Mereka lebih nyaman dengan budaya kerja yang fleksibel dan serba digital

3. Fokus terhadap kesejahteraan mental

Pandemi Covid-19 merupakan masa yang sulit bagi para profesional di seluruh dunia, terlepas dari industri tempat mereka berada. Sekarang, perusahaan berfokus untuk menyediakan lingkungan kerja yang dapat mendorong kinerja karyawan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini