Share

172 Mahasiswa Terima Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation

Tim Okezone, Okezone · Selasa 25 Januari 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 65 2537433 172-mahasiswa-terima-beasiswa-teladan-dari-tanoto-foundation-JaNePElJCT.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Perubahan pesat di berbagai aspek kehidupan mulai dari kemajuan teknologi, perubahan lingkungan, gaya hidup, serta media, diyakini akan menjadi tantangan bagi Generasi muda Indonesia di masa depan.

Untuk menghadapi berbagai perubahan tersebut, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu beradaptasi serta mampu mengatasi masalah-masalah baru yang timbul akibat perubahan itu sendiri. Pemimpin-pemimpin itu harus dibentuk

BACA JUGA: Beasiswa Tanoto Foundation Untukmu!

Tanoto Foundation, sebagai lembaga filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda.

Upaya itu diimplementasikan melalui program TELADAN, sebuah program kepemimpinan yang memberi kesempatan pesertanya untuk mengembangkan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, hingga mendapatkan sarana untuk berkolaborasi dan berjejaring selain dukungan beasiswa.

Program ini bertujuan untuk mencetak generasi pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki sembilan karakter utama yaitu kompetensi, mampu membangun integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang (grit), jiwa pemberdaya, berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha. Para peserta program ini diharapkan nantinya akan memberikan dampak dan kontribusi berarti bagi masyarakat.

BACA JUGA: Sederet Beasiswa Kedokteran UGM, Mahasiswa Silakan Siap-Siap!

Pada 2022 ini, pemberian Beasiswa TELADAN ditandai pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih yang lolos seleksi, pada Selasa (25/1/2022). Mahasiswa terpilih akan menjalani program TELADAN selama tiga setengah tahun hingga lulus di semester delapan.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia, Bito Wikantosa, S.S., M.Hum., CEO Global Tanoto Foundation, Dr. J.Satrijo Tanudjojo, serta perwakilan dari sembilan mitra perguruan tinggi.

Jumlah mahasiswa penerima Beasiswa TELADAN pada tahun ini sebanyak 172 mahasiswa yang berasal dari sembilan mitra perguruan tinggi yakni Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatra Utara, Institut Teknologi Bandung, IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Dipenogoro, Universitas Andalas, dan Universitas Riau.

Dalam sambutannya, J. Satrijo Tanudjojo mengatakan program Beasiswa TELADAN ini dimaksudkan agar para mahasiswa penerima beasiswa bisa bermanfaat lebih banyak kepada masyarakat dan lingkungan.

“Kami bersyukur bisa memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui program Beasiswa TELADAN sebagai bentuk sumbangsih kami agar tercipta SDM-SDM unggul yang kelak bisa memberikan kontribusi secara berkelanjutan kepada pembangunan di Indonesia,” kata Satrijo.

“Pada akhirnya mewakili Tanoto Foundation, kami ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah terpilih sebagai penerima Beasiswa TELADAN,” lanjut Satrijo.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia Bito Wikantosa, S.S., M.Hum mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat penting agar Indonesia bisa mencapai target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

“Pembangunan berkelanjutan bisa dimulai dari desa. Karena itu, para mahasiswa utamanya penerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, untuk tidak melupakan daerah asalnya,” kata Bito.

Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Drajat Martianto yang juga menjadi perwakilan universitas penerima Beasiswa TELADAN menyampaikan terima kasih kepada Tanoto Foundation yang selalu konsisten memberikan beasiswa kepada para mahasiswa.

“Kami juga ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah terpilih mendapatkan beasiswa TELADAN,” kata Drajat Martianto.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung Jaka Sembiring juga turut mengapresiasi program Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation, sekaligus berharap agar para penerima beasiswa ini bisa lebih bersemangat untuk berkontribusi ke masyarakat.

Turut hadir juga dalam acara ini Pendiri Yayasan Kasih Bunda dan perancang busana kenamaan Indonesia, Anne Avantie, memberikan semangat dan inspirasi bagi para Scholars. “Jangan lupa bersyukur dan pastikan kalian memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin,” ucap Anne.

Sejak 2006 Tanoto Foundation konsisten memberikan beasiswa untuk mahasiswa Strata-1 berprestasi dari sembilan perguruan tinggi mitra. Hingga saat ini, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 8.168 Tanoto Scholars dengan 676 penerima manfaat yang masih aktif sebagai mahasiswa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini