Share

Covid-19 Melonjak, Kota Tangerang Kembali Terapkan PTM Terbatas 50 Persen

Nandha Aprilia, MNC Media · Senin 24 Januari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 624 2536850 covid-19-melonjak-kota-tangerang-kembali-terapkan-ptm-terbatas-50-persen-XxUHBevAmJ.jpg Foto: MNC Portal

TANGERANG – Kasus Covid-19 di Kota Tangerang kembali meningkat. Hal ini berimbas pada penerapan kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 50 persen yang diberlakukan mulai hari ini, Senin (24/1/2022).

(Baca juga: Covid-19 Melonjak, Luhut: Pemerintah Tak Ada Rencana Menghentikan Sekolah Tatap Muka)

Salah satu sekolah di Kota Tangerang yang menerapkan hal ini yakni SD Negeri Tangerang 14.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, sekolah yang terletak di jalan Tegal Sari Raya, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang ini tampak sepi.

Kepala Sekolah SDN Tangerang 14, Wawat Tustiawati menuturkan, hal ini terjadi karena saat ini sudah diberlangsungkan sistem dua sesi pembelajaran dalam sehari.

“Mulai hari ini, Senin tanggal 24 Januari 2022 sudah mulai diterapkan kembali bahwa PTMT sudah diterapkan 50%. Artinya kembali kelas seperti pelaksanaan PTM di bulan Oktober, November, Desember menjadi dua sesi,” ujarnya di lokasi, Senin (24/1/2022).

(Baca juga: Gawat! Kasus Omicron di Tanah Air Terus Naik Menjadi 1.396 Orang)

Secara mekanisme Wawat menjelaskan, pembeda dari PTM 100% sebelumnya yakni kali ini di PTM Terbatas 50% menerapkan dua sesi.

“Untuk satu kelas itu tetap seminggu dua kali, hari ini jadwalnya kelas hari Senin dan Kamis. Tetapi dalam satu kelas yang kemarin sudah menjadi 100 %, ini kembali dibagi menjadi dua sesi,” tegasnya.

Dia melanjutkan, jika sebelumnya kapasitas murid full dalam satu kelas, kini harus dibagi dua. “Jika ada 30 (total keseluruhan murid dalam satu kelas) maka 15 siswa saja yang masuk,” ungkapnya.

Sementara terkait waktu, Wawat menjelaskan dari SOP yang baru kini dalam sehari hanya dimaksimalkan 3 jam dalam satu sesi.

“Jadi kita atur, sesi pertama itu dari jam 7 sampai jam 10, kemudian ada jeda untuk istirahat dan penyemprotan ya. Dan kemudian sesi duanya di jam 11 sampai jam 2,” ungkapnya.

Diakui Wawat, terkait perubahan ini sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi terhadap para guru dan juga orang tua murid bersama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

“Untuk orangtua itu hari Jumat (21 Januari 2022) kemarin langsung sosialisasikan disampaikan ortu juga antusias banyak bertanya alhamdulilah akhirnya mengerti dalam keadaan seperti ini,” paparnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Helmiati membenarkan PTM Terbatas 50 persen mulai berlangsung ini. “Iya, perhari ini semua 50%,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini