Share

4 Tokoh Lulusan SMP yang Sukses, dari Susi Pudjiastuti hingga Richard Branson

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 23 Januari 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 624 2535029 4-tokoh-lulusan-smp-yang-sukses-dari-susi-pudjiastuti-hingga-richard-branson-ti5AMovA3b.jpg Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Latar pendidikan bukan satu-satunya penentu kesuksesan seseorang. Meskipun hanya menginjakkan kaki di bangku SMP, tak membuatnya patah semangat meraih mimpi. Berkat kegigihan dan optimisme yang tinggi, beberapa tokoh ini membuktikan bahwa lulusan SMP pun dapat sukses.

Mampu membangun perusahaan sendiri, menjadi pejabat pemerintahan, hingga terbang ke luar angkasa. Berikut tokoh-tokoh lulusan SMP yang sukses.


Baca juga: Perkiraan Nilai Rata-Rata Rapor SNMPTN UNS, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan!


Baca juga: Inovatif! ITS Kembangkan Alat Monitoring Jantung Jarak Jauh

• Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, sosok inspiratif asal Indonesia. Gaya bicaranya yang ceplas ceplos, mandiri, dan tak suka dikekang, membuat namanya kian melambung di Tanah Air. Meskipun hanya menamatkan pendidikan di bangku SMP, pencapaian karier Susi cukup membanggakan.

Wanita kelahiran 15 Januari 1965, berhasil mendirikan perusahaan di bidang aviasi, yakni ASI Pudjiastuti Aviation, pada 2004. Maskapai ini telah banyak melayani penebangan rute perintis maupun penerbangan sewaan.

Sebelum memiliki perusahaan tersebut, Susi mengawali karier menjadi pengepul ikan di Pangandaran dengan modal sekitar Rp750.000. Menjelang krisis moneter 1996, Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan ASI Pudjiastuti Marine. Produk unggulan saat itu adalah lobster yang berhasil diekspor ke negara di Asia dan Amerika.

Susi juga berhasil berkiprah di pemerintahan pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2014-2019. Kala itu, Susi diamanahi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

• Anne Avantie

Terkenal sebagai desainer kebaya ternama Indonesia dan Internasional, ternyata Anne Avantie hanya berlatar pendidikan SMP. Pada tahun 1989, dengan Cuma bermodalkan dua buah mesin jahit, Anne merintis bisnis di bidang mode. Kala itu rumah modenya diberi nama “Griya Busana Permatasari".

Usaha yang dijalankannya memang tak selalu mulus. Namun, berkat kegigihannya serta kecintaannya terhadap mode dan fashion, membuat bisnis wanita berdarah Tionghoa ini kian melambung.

Tahun 2010, Anne berhasil membuka butik pertama di pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading dan Roemah Penganten di Grand Indonesia.

Karya kebaya yang dibuatnya pernah dikenakan oleh Miss Universe 2019. Tak hanya sukses menjadi desainer, wanita kelahiran Semarang ini juga kerap menjadi narasumber di beberapa acara. Tahun 2004, 2005, dan 2008, Ibu Ani Bambang Yudhoyono memberikan gelar kepada Anne "Kartini Award" atas kontribusinya untuk usaha kecil.

Kini, diumurnya yang menginjak 67 tahun, Anne masih eksis dengan menjadi brand ambassador produk anak negeri 'Kekaseh' di bawah The Palace. Hal tersebut diketahui lewat unggahan akun instagram pribadi Anne Avantie.

• Mr. Ichitan

Ichitan Group Pty Ltd, perusahaan ternama yang bergerak di bidang minuman. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang didirikan oleh Tan Passakornnatee atau yang biasa dikenal dengan nama Mr. Ichitan. Meskipun hanya berbekal ijazah SMP, Mr. Ichitan berhasil menjadi seorang pengusaha sukses.

Sebelum memiliki perusahaan ICHITAN, pria kelahiran 4 April 1959, memulai kariernya dengan menjadi seorang pegawai biasa, berjualan koran di terminal Chonburi Thailand, dan membangun bisnis rumah makan.

Namun, saat memulai bisnis rumah makan, Thailand dilanda krisis ekonomi. Hal tersebut membuat bisnisnya bangkrut dan memiliki utang sebesar 100 juta Bath.

Memiliki sifat pantang menyerah dan optimis, Mr. Ichitan bangkit memulai bisnisnya kembali yang kini kita kenal di beberapa produk minuman. Produk-produknya bahkan telah merambah ke berbagai negara.

• Richard Branson

Richard Branson merupakan pengusaha asal Inggris yang berhasil membangun Virgin Group dan terbang ke luar angkasa.

Richard memulai kariernya saat usia 15 tahun. Kala itu ia hanya menempuh pendidikan sampai jenjang menengah pertama. Richard kemudian memulai bisnis pertamanya yakni Virgin Records, perusahaan rekaman yang berhasil membesarkan penyanyi ternama Mike Oldfield.

amun, pada tahun 1984, ia beralih meluncurkan maskapai Virgin Galactic yang berkembang hingga ke benua Amerika dan Australia. Selain itu, pria kelahiran 1950 ini juga meluncurkan Virgin Galactic untuk perjalanan ke luar angkasa.

Juli silam, miliarder ini berhasil berkelana ke luar angkasa dengan Virgin Galactic dan mendapat banyak pujian dari sesama miliarder seperti Jeff Bezos dan Elon Musk, pesaingnya sendiri.

*Dilansir dari berbagai sumber

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini