Share

Ingin Mudah Belajar Bahasa Asing? Simak 7 Tips Jitu Ini

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 19 Januari 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 65 2534369 ingin-mudah-belajar-bahasa-asing-simak-7-tips-jitu-ini-i4N8P3hDQe.jpg ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Di zaman globalisasi seperti saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi satu modal tersendiri yang harus dikuasai. Terutama bagi orang yang bercita-cita kuliah ataupun bekerja di luar negeri.

Namun karena tidak terbiasa untuk mempraktekannya bahasa asing tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kadang membuat kita kesulitan untuk mempelajari bahasa tersebut.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing

Lalu bagaimana strategi untuk mempelajari bahasa asing dengan mudah? Mengutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Selasa (18/1/2022) berikut ini 7 cara jitu untuk belajar bahasa asing.

BACA JUGA: Cara Cepat Belajar Bahasa Asing

1. Tata Bahasa

Kalian harus tahu tata bahasa paling dasar dari bahasa yang akan dipelajari. Hal ini penting karena tidak semua bahasa memiliki struktur kalimat yang sama dengan bahasa Indonesia. Dengan menguasai tata bahasa maka akan bisa lebih mudah mengartikan dan membuat sebuah kalimat padu.

2. Kosa Kata

Untuk menghafal kosa kata, sebaiknya mulai dengan benda dan kegiatan yang ada di sekitar. Seperti alat tulis, pakaian, kegiatan sehari-hari, tempat yang sering dikunjungi dan keterangan waktu.

3. Praktik

Belajar teori dan hafalan kosa kata tidaklah cukup. Kalian juga harus mencoba mempraktikkan bahasa yang telah atau sedang dipelajari. Ada empat hal yang perlu dilatih, yakni membaca, menulis, mendengar dan mengobrol atau berbicara

4. Praktik membaca

Membaca buku bahasa berbahasa asing bisa menjadi ajang latihan. Jika belum merasa sangguo membaca buku yang tebal, belajarlah lewat buku cerita anak-anak. Agar bisa sekaligus belajar berbicara, cobalah membaca tulisan di buku tersebut keras-keras.

5. Praktik Menulis

Tips ini bisa dilakukan dengan membuat diary dengan menggunakan bahasa asing. Ceritakanlah kegiatan yang dilakukan hari itu. Cara ini juga ampuh untuk menambah kosa kata.

6. Praktik Mendengar

Kalian bisa coba mendengarkan lagi atau menonton video berbahasa asing. Kemudian cobalah untuk memahami kalimat-kalimatnya

7. Praktik Berbicara

Jika memiliki teman native speaker atau teman yang sama-sama sedang belajar bahasa, cobalah mengobrol. Dalam berbicara, janganlah takut salah. Percaya diri menjadi salah satu cara untuk melangkah lebih maju dalam kemampuan berbahasa asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini