Wapres: Angkatan Kerja di Indonesia Didominasi Lulusan SMA Sebesar 32%

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 13 Januari 2022 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 65 2531608 wapres-angkatan-kerja-di-indonesia-didominasi-lulusan-sma-sebesar-32-5MMEbcqXn3.jpeg Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (Foto: Setwapres)

BANGKALAN - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan saat ini angkatan kerja di Indonesia masih didominasi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 32%. Sementara itu, persentase angkatan kerja lulusan pendidikan tinggi baru sekitar 10% sampai 12% dari 138 juta pada tahun 2020.

“Angkatan kerja saat ini masih didominasi lulusan SMA dengan proporsi sekitar 32%,” kata Wapres Wapres saat menyampaikan orasi ilmiah dalam rangka wisuda S1 Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil (STAIS) Bangkalan, Kamis (13/1/2022).

Sementara itu, saat ini berdasarkan Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Tahun 2021 persentase penduduk yang menyelesaikan S1 hingga S3 pada 2021 meningkat 2,2% dibandingkan 10 tahun sebelumnya.

Baca juga:  Indonesia Maju, 90% Tenaga Kerja Berpendidikan Menengah Atas

Artinya, kata Wapres, wisudawan yang saat ini lulus S1 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil (STAIS) Bangkalan termasuk ke dalam jumlah 10-12% angkatan kerja lulusan pendidikan tinggi.

Baca juga: Bertolak ke Jatim, Wapres Maruf Diagendakan Kunjungi Madura dan Lumajang

Diketahui, jumlah wisudawan STAI Syaichona Moh. Cholil yang lulus hari ini sebanyak 175 mahasiswa, teridiri dari 40 wisudawan Program Studi Bahasa Arab (PBA), 100 wisudawan Program Studi Ekonomi Syariah (ESy) dan 35 wisudawan Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI).

“Ini patut saudara syukuri, namun ini juga berarti bahwa kita semua masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi,” kata Wapres.

Wapres pun menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan SDM Indonesia hingga tercapai SDM unggul atau sebagai generasi emas berkarakter dan berwawasan global.

“Sungguh sebuah pekerjaan besar dan mulia yang harus kita wujudkan. Sebagaimana kerap saya sampaikan, bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan besar adalah kolaborasi. Kita butuh peran aktif lembaga pendidikan, termasuk dari kalangan pesantren, madrasah, dan sekolah tinggi untuk mencapai cita-cita ini,” tegas Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini