Share

Hobi Game Online? Ini 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 15 Januari 2022 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 65 2531593 hobi-game-online-ini-5-pekerjaan-yang-cocok-untuk-kamu-pWkYV2DsME.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Tak sedikit orang yang berharap mendapatkan pekerjaan sesuai dengan hobi yang dimilikinya. Sebab, hal ini mendatangkan keuntungan ganda, yaitu memperoleh uang dari hasil pekerjaannya sekaligus dapat menjalani hobi yang disukai.

Salah satu hobi yang cenderung digandrungi kalangan muda zaman sekarang adalah bermain game online. Meski game online kerap dipandang sebelah mata, orang dengan hobi ini mampu memperoleh cuan jika melakukan pekerjaan yang sesuai.

Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dilakoni orang yang memiliki bermain game online.

• Joki dan Menjual Item Game

Saat ini banyak orang yang menjual jasa joki game untuk menambah penghasilan. Joki merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu seseorang yang dibayar untuk mengerjakan sesuatu. Dalam hal ini, seorang joki game dibayar untuk memainkan suatu game hingga titik tertentu sesuai kesepakatan. Biasanya, bayaran yang ditawarkan disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau hal yang ingin didapat, seperti karakter game.

Selain menjadi joki game, ada juga yang menjual item-item game limited kepada sesama pemain game tersebut. Semakin langka item yang dijual, semakin tinggi pula harganya. Kekurangan dari jenis bisnis ini adalah penjual membutuhkan waktu untuk mengumpulkan item langka tersebut, serta dibutuhkan skill yang cukup bagus agar pelanggan tidak kecewa dengan hasil joki yang dilakukan.

• Gamer Profesional

Untuk menjadi gamer profesional, dibutuhkan dedikasi yang tinggi. Seorang gamer professional harus rajin mengikuti berbagai macam turnamen game untuk dapat meningkatkan reputasinya di dunia game. Tidak hanya itu, gamer profesional membutuhkan peralatan yang tidak sedikit dan cukup menguras kantong.

Langkah awal menjadi gamer professional mungkin terlihat sulit, tetapi ketika nama seseorang sudah terkenal di dunia game, uang akan datang mengalir. Salah satu turnamen game dengan bayaran menggiurkan adalah turnamen Dota 2 yang diadakan setiap tahunnya oleh perusahaan pembuat game tersebut, Valve. Di tahun 2019 saja, nilai hadiah yang diterima oleh pemenang mencapai USD34,3 juta atau setara dengan Rp497,7 miliar.

• Streamer Game

Menurut banyak orang, perjuangan untuk menjadi game streamer yang sukses sangat sulit. Padahal, sebetulnya pekerjaan sebagai streamer tidak begitu sulit. Seorang streamer hanya perlu merekam kegiatannya saat bermain game dan berinteraksi dengan penonton.

Namun, dibutuhkan teknik komunikasi yang bagus untuk dapat menjaga obrolan agar tetap berlangsung. Salah satu streamer game terkenal adalah Pewdiepie, yang dapat mengantongi pendapatan mencapai Rp4 miliar dalam waktu satu bulan saja.

• Caster Turnamen Game

Seperti streamer, seorang caster turnamen dituntut memiliki teknik berkomunikasi yang baik serta pengetahuan mendalam di sebuah game. Tugas caster sama seperti komentator di pertandingan olahraga, yakni mengomentari jalannya pertandingan.

Seorang caster turnamen diharapkan mampu menciptakan suasana menarik yang menghibur dan informatif kepada orang yang menonton pertandingan yang sedang berlangsung.

• Game Developer

Mereka yang berkecimpung di dunia game biasanya memiliki game impian kreasinya yang ingin diwujudkan. Game developer merupakan salah satu profesi yang menjadi impian gamer di penjuru dunia. Namun, mewujudkan impian ini tentu bukan hal yang mudah.

Seseorang yang tertarik untuk menjadi game developer harus mempelajari berbagai bidang, seperti coding, animasi, hingga riset mengenai respons calon pemain. Sebuah tim pembuat game biasanya terdiri dari beberapa orang yang berfokus dalam suatu bidang.


*dilansir dari berbagai sumber,

Andin Danaryati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini