Share

4 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah, Apa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 17 Januari 2022 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 65 2531587 4-pekerjaan-sampingan-yang-bisa-dilakukan-sambil-kuliah-apa-saja-nIThIGIFwq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Bekerja sambil kuliah dapat dilakukan oleh mahasiswa. Selain mendapat tambahan penghasilan, mahasiswa juga dapat menambah pengalaman.

Namun bagi mahasiwa yang menjalankan pekerja sampingan perlu diatur waktunya agar tidak mengganggu kuliah. Berikut pekerja sampingan yang bisa dilakukan sambil kuliah.

Penulis Lepas

Bagi mahasiswa yang suka menulis, pekerja sampingan sebagai penulis lepas bisa dilakukan sambil kuliah. Anda dapat memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dengan mengirim tulisan ke media massa.

Saat ini banyak media massa yang menerima tulisan dari masyarakat dalam bentuk esai hingga opini. Bahkan terdapat media massa yang mempunyai kolom untuk mahasiswa.

Nantinya, Anda akan mendapat bayaran ketika tulisan tersebut tayang di media. Honor dari menulis artikel ini dapat digunakan untuk menambah uang bulanan.

Baca juga: 7 Hal Penting Ketentuan Seleksi SNMPTN, Calon Maba Harus Tahu


Baca juga: Mitsui Bussan Scholarship Tawarkan Beasiswa Penuh S1 di Jepang

Penerjemah

Mahasiswa yang berkuliah di jurusan bahasa mempunyai peluang untuk mendapat pekerjaan sampingan ini. Namun tak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa jurusan lainnya untuk menjalani pekerjaan ini. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan sebagai penerjemah dari internet hingga informasi dari orang terdekat.

Pekerjaan ini tidak hanya dijadikan sebagai pekerjaan sampingan sambil kuliah, namun juga membantu untuk menyempurnakan kemampuan yang dimiliki.

Guru Bimbingan Belajar

Guru bimbingan belajar bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh mahasiswa. Ilmu yang dipelajari di bangku kuliah menjadi modalnya. Setidaknya Anda dapat menguasai 1-2 mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional hingga seleksi masuk perguruan tinggi.

Waktu bekerja bisa disesuaikan dengan aktivitas Anda, tentunya berdasarkan jadwal yang telah disepakati. Menjadi tutor private juga tak kalah menggiurkan. Dari pekerjaan ini, uang tambahan bisa dikumpulkan untuk biaya kuliah atau kebutuhan lainnya.

Content Creator

Belakangan ini pekerjaan sampingan menjadi content creator menjadi primadona. Anda dapat membuat konten di media sosial, seperti YouTube, Instagram, dan Facebook. Dibutuhkan konsistensi dalam membuat konten agar mendapat view dan like yang banyak. Jumlah view dan like inilah yang kemudian dapat dikonversi menjadi uang. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan AdSense dan affiliate marketing. Penghasilan dari content creator yang terbilang cukup besar tentu menggiurkan.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini