Share

3 Tokoh Peraih Gelar Kehormatan dari Universitas Pertahanan, Megawati hingga Terawan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 16 Januari 2022 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 65 2531074 3-tokoh-peraih-gelar-kehormatan-dari-universitas-pertahanan-megawati-hingga-terawan-sep91vv0F8.jpg Pengukuhan gelar profesor kehormatan Unhan kepada dr Terawan. (Foto: Unhan)

JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) telah beberapa kali memberikan gelar profesor kehormatan kepada tokoh nasional. Salah satu yang cukup menjadi sorotan adalah pemberian gelar profesor kehormatan pada Megawati Soekarnoputri di tahun 2021.

Selain Megawati, ada tokoh-tokoh nasional lain yang juga mendapat gelar tersebut, berikut daftarnya.

Megawati Soekarnoputri

Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri mendapat gelar profesor kehormatan dari Unhan pada 11 Juni 2021. Melansir iNews.id, gelar yang diberikan itu adalah Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik di Fakultas Strategi Pertahananan.

Sebelum pengukuhan, pihak Unhan menyatakan sudah melakukan penilaian terhadap seluruh karya Megawati. Wanita kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947 itu dianggap tangguh dalam mengatasi krisis multidimensi saat masa kepresidenannya.

Contohnya, konflik Ambon, konflik Poso, pemulihan pariwisata usai bom Bali, dan penanganan isu tenaga kerja di Malaysia. Ditambah lagi, Megawati merupakan pemimpin negara perempuan pertama yang dimiliki Indonesia.

Susilo Bambang Yudhoyono

Sebelum Megawati, Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga menerima gelar profesor kehormatan dari Unhan. Gelar yang diberikan pada 2014 tersebut bukan tanpa alasan lantaran SBY dikenal sebagai seorang akademisi yang tulisannya sudah banyak beredar di negara lain.

SBY dikukuhkan sebagai Profesor Ilmu Ketahanan Nasional dan menjadi orang pertama yang mendapat gelar tersebut. Penyematan gelar ini dilakukan dengan mempertimbangkan penguasaan ilmu SBY di bidang ketahanan militer.

Selain itu, ia juga dinilai memiliki pendidikan akademik yang sangat dibutuhkan untuk menjadi guru besar. Diketahui, SBY memperoleh gelar master dari Webster University, Amerika Serikat (AS). Sedangkan gelar doktoralnya ia raih di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Terawan Agus Putranto

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto diberikan gelar Profesor Kehormatan bidang Kedokteran Militer dari Unhan. Rencananya, ia akan resmi dikukuhkan pada Rabu, 12 Januari 2022. Mengutip Sindonews, Terawan akan menyampaikan orasi ilmiah yang bertajuk โ€˜Peran Kedokteran Militer dalam Mendukung Ketahanan Kesehatan Nasionalโ€™.

Terawan merupakan pencetus vaksin nusantara dengan basis sel dendritik yang bersifat autologous, individual, dan aman bagi siapa saja. Vaksin ini dinilai aman jika digunakan oleh orang yang memiliki penyakit penyerta.

*diolah dari berbagai sumber
Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini