Share

Tokoh-Tokoh Penerima Gelar Honoris Causa dari UI, BJ Habibie hingga Jusuf Kalla

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 16 Januari 2022 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 65 2531067 tokoh-tokoh-penerima-gelar-honoris-causa-dari-ui-bj-habibie-hingga-jusuf-kalla-Macdq9vsGA.jpg Jusuf Kalla. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gelar honoris causa merupakan gelar kehormatan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi kepada seseorang yang dianggap telah berjasa dan berkarya dalam segala bidang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tokoh yang pernah menerima gelar honoris causa dari Universitas Indonesia.

1. BJ Habibie

Presiden ke-3 BJ Habibie n RI ke-3 menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Indonesia dalam bidang filsafat teknologi. Pemberian gelar dilakukan oleh Rektor UI Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Somantri di Balairung UI pada 30 Januari 2010.

Rekam jejak BJ Habibie sebagai teknokrat sangat baik, dengan mempertimbangkan etis dan budaya dalam mengembangkan teknologi demi kemajuan negara.

Baca juga: UI Peduli Bantu Warga yang Terdampak Peningkatan Aktivitas Gunung Semeru


Baca juga: Nilai Rata-Rata Rapor SNMPTN UGM, Siswa Eligible Silakan Cek!

2. Taufik Ismail

Dikenal sebagai penyair dengan puisinya yang menawan, Taufik Ismail menerima gelar honoris causa dari UI. Pada tahun 2009, UI memberikan gelar doctor honoris causa dalam bidang sastra. Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat tahun 1935 ini juga terkenal dengan puisinya yang atmosferis, seperti dalam kumpulan puisi Sajak Ladang Jagung.

Sedangkan karya Taufiq yang sarat kritik sosial antara lain kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, Buku Tamu Museum Perjuangan, dan Ketika Kata Ketika Warna.

3. Taufik Abdullah

Taufik Abdullah lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 3 Januari 1936. Taufik Abdullah merupakan sejarawan sekaligus ilmuwan sosial Indonesia. Ia juga telah banyak menulis di media dan jurnal, baik lokal maupun luar negeri.

Setidaknya, terdapat 30 buku yang berhasil diselesaikannya. Atas kontribusinya tersebut, pada tahun 2009 bersama Taufik Ismail, Taufik Abdullah juga menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Indonesia dalam bidang sejarah.

4. Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang kepemimpinan dari Universitas Indonesia (UI) pada 2013. Pemberian gelar tersebut didasari atas kontribusinya dalam dunia kepemimpinan di Indonesia yang telah menginspirasi dan menerapkan kriteria pemimpin transformasional, yaitu memiliki visi ke depan, berintegritas, dan berdedikasi tinggi.

Selain itu, Kalla dinilai gigih, memiliki "passion", kreatif, dan mampu menciptakan peluang usaha, mengatasi konflik, berkomunikasi efektif dengan orang dari berbagai kelompok, golongan, suku, dan daerah, serta berani mengambil risiko dalam membuat keputusan.

5. Daisaku Ikeda

Daisaku Ikeda merupakan orang berkewarganegaraan Jepang yang menerima gelar doktor honoris causa UI di bidang Ilmu Filsafat dan Perdamaian pada 10 Oktober 2009. Ikeda merupakan pendiri Soka University, Jepang.

Ia dikenal sebagai sosok pemimpin, pendidik, penulis produktif, pelopor gerakan perdamaian, dan penafsir Budhisme Nichiren, salah satu filsuf pragmatik terkemuka dunia. Ikeda juga memberikan sumbangsih terhadap filsafat pragmatisme.

*Dilansir dari berbagai sumber

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini