Share

5 Tokoh Dunia yang Tidak Lulus Kuliah, dari Steven Spielberg hingga Mark Zuckerberg

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 03 Januari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 65 2525498 5-tokoh-dunia-yang-tidak-lulus-kuliah-dari-steven-spielberg-hingga-mark-zuckerberg-Vk8fgALcZY.jpg Mark Zuckerberg. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tidak memiliki gelar sarjana bukan berarti seseorang tak mampu sukses. Seperti beberapa tokoh dunia di bawah ini, yang menjadi orang ternama meskipun tidak lulus kuliah. Berikut daftarnya.

Bill Gates

Sudah banyak yang tahu bahwa pendiri Microsoft, Bill Gates tidak menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Melansir CNBC (Minggu, 29 April 2018), pengusaha kelahiran 1955 itu awalnya berkuliah di Harvard University.

Hanya 2 tahun merasakan bangku kuliah, ia dikeluarkan dari kampus dan fokus merintis bisnisnya. Gates mengaku menyesal karena telah menjadi mahasiswa yang sulit bergaul dan bersosialisasi selama belajar di Harvard. Saat berkuliah, Gates menghabiskan banyak waktunya dengan Steve Ballmer, teman dekatnya.

Baca juga: 4 Kisah Perjuangan Mahasiswa Lulus Cumlaude, Nomor 1 Sambil Jadi Kuli Bangunan


Baca juga:  Cantik dan Pintar! 4 Artis Ini Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude

Mark Zuckerberg

Pengusaha dan tokoh terkenal lain yang juga putus kuliah adalah Mark Zuckerberg, pendiri Meta. Zuckerberg meninggalkan bangku pendidikannya di salah satu universitas bergengsi di dunia, Harvard University karena ingin fokus membangun Meta (kala itu masih bernama Facebook). Ia sepertinya tak salah langkah.

Zuckerberg menjadi salah satu pengusaha terkaya dengan jumlah harta mencapai 123,8 juta dolar AS, versi Forbes.

Ralph Lauren

Siapa yang tak kenal perancang busana terkemuka satu ini? Ya, Ralph Lauren juga pernah mengalami masa pahit saat menjalani masa perkuliahannya. Lauren pernah berkuliah di Baruch College dan mengambil jurusan bisnis.

Namun, ia memutuskan untuk hengkang dari kampus tersebut dan mengikuti pendidikan tentara. Sayang, Lauren juga tidak menekuninya. Ia justru bekerja di pabrik pembuatan dasi. Hingga akhirnya, Lauren mendirikan perusahaannya sendiri bernama Ralph Lauren Corporation dan menjadi perancang andal. (wdi)

Steve Jobs

Pendiri Apple, Steve Jobs, bukanlah mahasiswa cerdas saat berkuliah di Red College. Hanya bertahan 1 semester di sana, Jobs keluar. Ia mengaku merasa sangat tidak nyaman dengan lingkungan dan kurikulum yang diterapkan pada kampusnya itu.

Ia juga menilai, berkuliah hanya menghabiskan uang orangtuanya saja. Meskipun tak tamat kuliah, namun Jobs membuktikan kapasitas dirinya dengan mendirikan perusahaan tekonologi multinasional di Amerika yang mendunia, Apple.

Steven Spielberg

Sutradara kawakan AS, Steven Spielberg, juga tidak menyelesaikan pendidikannya di bangku perguruan tinggi. Ia keluar dari kampusnya di California State University pada 1968 dan membuat film singkat bertajuk ‘Amblin’.

Di luar dugaan, film ini berhasil mengantarkannya menjadi sutradara termuda dan Spielberg langsung mendapat tawaran bekerja di rumah produksi film.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini