Share

5 Kampus dengan Jumlah Mahasiswa Terbanyak di Indonesia, dari Universitas Terbuka hingga Undip

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 01 Januari 2022 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 65 2524228 5-kampus-dengan-jumlah-mahasiswa-terbanyak-di-indonesia-dari-universitas-terbuka-hingga-undip-RKQESICGAF.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jumlah pelajar SMA yang melanjutkan jenjang pendidikan lebih lanjut ke bangku perkuliahan cukup tinggi. Data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa pada tahun 2020, Indonesia memiliki 7.369.009 mahasiswa yang sedang menempuh jenjang pendidikan tinggi di berbagai institusi.

Sementara itu, pada tahun yang sama terdapat sebanyak 3.251 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di bawah Kementerian Pendidikan. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa universitas yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Yuk Pahami SKS, Agar Kuliah Lancar dan Cepat Lulus!


Baca juga: Daya Tampung UM Jalur SNMPTN, Calon Mahasiswa Silahkan Simak!

• Universitas Terbuka

Tercatat sebagai perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa diploma dan sarjana terbanyak di Indonesia, Universitas Terbuka memiliki jumlah mahasiswa dengan total 1.021.808 mahasiswa sarjana. Perguruan tinggi ini telah menganut sistem pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan mahasiswanya untuk mengakses materi pembelajaran secara daring.

Sistem ini juga memudahkan mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengikuti jam perkuliahan. Saat ini, Universitas Terbuka telah menyelenggarakan 40 program studi, dengan rincian 31 program sarjana, 3 program diploma, dan 6 program magister.

• Universitas Brawijaya

Terletak di Malang, Jawa Timur, Universitas Brawijaya memiliki total 56.290 mahasiswa program sarjana. Melansir Okezone, perguruan tinggi ini menduduki posisi pertama sebagai penerima kuota SNMPTN terbanyak tahun 2020, yaitu sebanyak 4.446 calon mahasiswa baru.

UniRank 2021 menempatkan Universitas Brawijaya sebagai universitas terbaik ketiga di Indonesia. Hingga 2018, Universitas Brawijaya memiliki total 18 fakultas dengan 221 program studi.

• Universitas Cendrawasih

Dengan total 45.684 mahasiswa program sarjana, Universitas Cendrawasih menduduki peringkat ketiga perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia. Perguruan tinggi ini terletak di Jayapura, Papua, dan berdiri sejak 10 November 1962.

Di Papua, universitas ini memiliki jurusan paling lengkap dibandingkan universitas lain dengan 9 fakultas dan 25 program studi yang aktif diselenggarakan.

• Universitas Diponegoro

Didirikan pada 9 Januari 1957, saat ini Universitas DIponegoro memiliki total 40.298 mahasiswa yang sedang menempuh program sarjana di perguruan tinggi ini.

Pada 2020, perguruan tinggi ini menduduki peringkat kelima penerimaan mahasiswa lewat jalur SBMPTN dengan rerata nilai mahasiswa sebesar 592,55 di rumpun sains dan teknologi (saintek) dan 583,80 nilai rerata pada rumpun sosial dan humaniora (soshum). Universitas ini terdiri dari 11 fakultas dan memiliki lebih dari 120 program studi.

• Universitas Tanjungpura

Peringkat kelima perguruan tinggi dengan mahasiswa terbanyak diIndonesia diduduki oleh Universitas Tanjungpura, Pontianak, dengan total mahasiswa program sarjana sebanyak 39.960 mahasiswa.

Pada 2018, perguruan tinggi ini dinobatkan sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan. Hingga saat ini, Universitas Tanjungpura memiliki total 9 fakultas dengan 64 prodi.

*dilansir dari berbagai sumber 

Andin Danaryati/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini