Share

USU Berhasil Masuk Peringkat Perguruan Tinggi di Dunia

Antara, · Selasa 28 Desember 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 65 2523808 usu-berhasil-masuk-peringkat-perguruan-tinggi-di-dunia-fx04xkuYpB.jpg Universitas Sumatera Utara (USU). (Dok Okezone)

MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings, dengan menduduki peringkat ke -15 perguruan tingi di Indonesia dan peringkat 801-1000 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia.

"USU juga berhasil menempati rangking 7 nasional dalam pemeringkatan yang dilakukan Scimago Institutions Rangking (SIR) pada akhir April 2021, dan ranking 708 secara global," kata Rektor USU Dr Muryanto Amin, Senin (27/12/2021), melansir Antara.

Rektor menyebutkan, berdasarkan 19 subjek area penilaian yang dilakukan SIR, USU menempati peringkat 1 nasional dan peringkat 305 dunia dalam bidang Agriculture dan Bioligical Science tingkat Universitas.

Selain itu, USU menempati peringkat 3 nasional dan peringkat 420 dunia dalam sektor Business.

"Sementara pada bidang lainnya yakni Biochemistry, Genetics and Molecular Biology, USU menempati posisi 4 di Indonesia dan posisi 663 di dunia.Posisi 4 di Indonesia juga diraih USU dalam bidang Environmental Science," ujarnya.

Muryanto mengatakan, USU dalam Versi QS Asia University Rangkings (QS AUR) tahun 2021 berada pada peringkat ke-19 Universitas Terbaik di Indonesia dan peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan di kawasan Asia yang dinilai.

Baca Juga : Tim Mahasiswa USU Raih Juara I di TICA 2021

USU juga telah sukses melaksanakan berbagai kegiatan Vaksinasi COVID-19, baik untuk tenaga medis, tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun untuk umum.

"USU juga telah meluncurkan layanan Telemedicine yang membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan yang cepat dalama penanganan medis," katanya.

Rektor menjelaskan, USU juga telah meluncurkan fasilitas layanan Aplikasi Satu Atap (ASA), E-Office, Agenda, dan Whistle Blower System.Hal itu merupakan realisasi awal dari perwujudan One Data, Integrasi Sistem, dan Digitalisasi USU.

Selain dalam bidang administratif, digitalisasi kampus juga juga mensasar gerakan elektronik.Beberapa program berkaitan dengan ini sudah dimulai dengan membangun sistem Virtual Account (VA) dalam transaksi pembayaran, baik bagi mahasiswa maupun dosen.

"Kita berharap agar pada tahun 2022 mendatang, kinerja USU dapat semakin baik dan maksimal, serta seluruh proses perubahana menuju yang terbaik dapat bergulir semakin cepat dan tepat sasaran," demikian Rektor USU.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini