Lantik Ratusan Kepala Sekolah di Jabar, Ridwan Kamil: Saya Tunggu Prestasinya

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Selasa 07 Desember 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 624 2513179 lantik-ratusan-kepala-sekolah-di-jabar-ridwan-kamil-saya-tunggu-prestasinya-9qPLGd3CPl.jpg Ridwan Kamil lantik kepala dan pengawas sekolah (Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik 480 kepala sekolah dan pengawas di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 6 Desember 2021.

Rinciannya 479 PNS untuk jabatan kepala sekolah serta satu orang PNS untuk mengisi jabatan kepala tata usaha sekolah. Dari 479 kepala sekolah dilantik, 309 di antaranya hasil mutasi dan 170 sisanya merupakan penugasan baru.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil meminta seluruh PNS yang dilantik untuk segera bekerja dan beradaptasi dengan lingkungan kerja. Dia pun menunggu berbagai inovasi muncul dari PNS yang dilantik.

"Ingat tadi sudah mengucapkan janji dan sumpah, saya tunggu prestasi-prestasinya. Jangan jadi follower (pengikut), tapi harus jadi leader (pemimpin). Harus banyak berinovasi jangan hanya modal mengikuti," tegasnya.

Menurut Ridwan Kamil, inovasi adalah kunci dari gempuran disrupsi digital dan indutri 4.0. Perlahan tapi pasti, kata dia, pekerjaan akan ditangani kecerdasan buatan (artificial intelligence), sehingga harus jeli memaksimalkan perubahan.

Baca juga: Di bawah Rintik Hujan, Ma'ruf Amin dan Ridwan Kamil Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19

"Kita harus melatih anak-anak menjadi generasi yang paham terhadap revolusi 4.0 dan digital," kata Gubernur yang kerap disapa Kang Emil itu.

Kang Emil melanjutkan, disrupsi yang sedang melanda Indonesia adalah tantangan yang disebabkan oleh pandemi Covi-19. Disrupsi pandemi ini juga mengajarkan bahwa kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dijaga.

Baca juga: Ridwan Kamil: Wapres Ma'ruf Amin Akan Resmikan Monumen Perjuangan Covid-19

"Covid-19 mengajarkan kita pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri, anak murid kita, orang tuanya, sampai lingkungan sekolah dan kita harus menang," ujar Kang Emil.

"Pandemi memang surut, tapi belum selesai. Oleh karenanya, protokol kesehatan sepulang dari sini harus segera dimaksimalkan. Bagaimana anak-anak yang banyak tidak bertemu secara fisik itu mengalami kendala-kendala psikologis yang harus kita selesaikan," lanjutnya.

Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan dan kemampuan cepat, Kang Emil menginginkan sumber daya manusia (SDM) di Janar bisa kembali menjadi yang terbaik.

"Mudah-mudahan SDM Jawa Barat Juara. Jawa Barat sudah juara Indonesia di bidang olahraga di PON Papua, saatnya kita juara di bidang-bidang keilmuan lainya, di bidang-bidang spiritualitas lainya, sehingga SDM Jawa Barat insya Allah jadi yang terbaik di Indonesia baik lahir maupun batin," tandasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Paparkan Strategi Atasi Ketimpangan Pembangunan dalam Forum FLF UGM

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini