Share

Ingin Sukses Kuliah Sambil Kerja? Begini 5 Tipsnya

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Senin 06 Desember 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 65 2512617 ingin-sukses-kuliah-sambil-kerja-begini-5-tipsnya-CDdeaXEWQZ.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Mahasiswa menyambi pekerjaan paruh waktu dilakukan sejumlah orang. Agar kuliah sambil kerja ini bisa berjalan sukses dan efisien, perlu ada strategi yang dilakukan. Terlebih jika tidak ingin kuliah berhenti di tengah jalan.

Kuliah sambil kerja juga keren dilakukan mahasiswa karena bisa meningkatkan softskill, pengalaman dan juga jejaring ketika nanti sudah masuk ke dunia kerja setelah lulus. Selain juga menambah pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari.

Lantas, apa saja hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan kuliah sambil kerja?

Mengutip instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek, simak 5 tips berikut ini agar kuliah sambil kerja berjalan lancar.

1. Pilih Pekerjaan yang Fleksibel

Pemilihan kerja di tempat yang fleksibel dapat membantu anda lebih rileks dan teratur dalam jadwal kuliah supaya tidak terganggu. Sebisa mungkin carilah pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan jam kuliah.

Baca Juga : 4 Cerita Inspiratif Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja: Jadi Pembantu dan Lulus Cumlaude

2. Diskusikan dengan Perusahaan Tempat Kalian Bekerja

Setelah bekerja di tempat yang fleksibel, hal yang perlu dilakukan adalah berdiskusi dengan atasan kalian. Bisa dimulai sewaktu anda melakukan interview, beri tahu bahwa benar kalian ingin bekerja sambil kuliah sehingga kantor akan mengerti dengan keadaan kalian. Dengan cara ini, pekerjaan kantor dapat tetap dilaksanakan tanpa harus menghambat tugas dan jadwal kuliah

3. Jangan Tunda Tugas Kuliah

Tips satu ini jangan sampai dilupakan. Sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, kamu harus tetap memperhitungkan waktu dan juga energi untuk mengerjakan tugas kuliah. Cara terbaik adalah dengan mengisi waktu senggang dengan mengerjakan tugas tersebut. Kalian juga bisa mengerjakan dari jauh hari sebelum deadline supaya tepat waktu untuk dikumpulkan

4. Pastikan Jadwal Kuliah

Pastikan untuk memilih jadwal kuliah dengan benar. Sesuaikan dengan banyaknya mata kuliah dan pekerjaan di kantor supaya bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kalau bisa pilih jadwal kuliah dalam beberapa hari saja, sisanya bisa digunakan untuk pergi ke kantor.

5. Buat Perencanaan untuk Setiap Hari

Saat kalian susah memutuskan untuk kuliah sambil kerja, berusahalah untuk lebih teratur dengan membuat perencanaan akan kegiatan setiap harinya. Memang terkesan sepele, tapi sebetulnya dengan rajin membuat rencana setiap harinya dapat menjadikan semua pekerjaan kuliah dan kantor pun berjalan dengan lancar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini