Did You Know: Gula Dapat Sembuhkan Luka Berdarah

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 65 2512603 did-you-know-gula-dapat-sembuhkan-luka-berdarah-zVp4Ag9Xhs.jpg Ilustrasi gula. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Keberadaan gula di telinga masyarakat terdengar kurang baik lantaran gula kerap kali dikaitkan dapat menimbulkan keluhan berbagai penyakit seperti diabetes.

Namun, tahukah kamu? Gula terbukti bisa menyembuhkan luka dengan cepat, lho. Tidak percaya? Simak penjelasan berikut ini.

Kebanyakan dari kalian saat masih kecil pasti pernah mengalami luka dibagian mulut hingga berdarah bukan? Kemudian, orang tua kalian menyarankan untuk mengobatinya dengan cara menghisap atau mengunyah gula pasir.

Baca juga: Did You Know: Guiding Block, Jalan Pemandu Para Disabilitas


Baca juga: Did You Know: Mengapa Sapi Terlihat Selalu Mengunyah?

Orang tua beralasan bahwa rasa manis saat menghisap gula akan menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan.

Ternyata, hal yang dilakukan orang tua itu ada benarnya, lho. Sebuah studi menemukan bahwa menaburkan butiran-butiran gula pada luka bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat dibanding dengan penggunaan antibiotik.

Dosen senior di Wolverhampton University, Moses Murandu sebagai pemimpin studi tersebut yang tumbuh di Zimbabwe telah memperhatikan ayahnya sejak kecil menggunakan gula untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit.

Metode pengobatan tradisional yang kerap dilakukan ayahnya memicu Murandu untuk meneliti lebih jauh pengobatan tradisional yang berasal dari Afrika ini.

Penelitian lebih lanjut yang dilakukan Murandu akhirnya membuktikan bahwa gula pasir benar-benar dapat menyembuhkan luka.

Penelitian Murandu ini juga membuatnya mendapat penghargaan dari Journal of Wound Care pada Maret 2018 silam.

Selain itu, cara pengobatan menggunakan gula dapat dilakukan cukup mudah. Kalian hanya perlu menaburkan atau menempelkan gula pada bagian bibir yang terluka dan menutupnya dengan perban. Kemudian biarkan hingga 20 menit.

Kelembapan pada luka akan diserap oleh butiran gula yang menyebabkan bakteri tidak bisa berkembang dan mendorong luka bisa lebih cepat sembuh.

Perlu diketahui pula, sifat antibakteri alami gula dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan.

Selain sebagai antibakteri, gula juga bisa mengurangi kelembapan dan mengurangi pembengkakan pada jaringan tubuh yang terluka dan dapat mempercepat proses regenerasi sel yang membuat luka menjadi cepat sembuh.

Pengobatan luka menggunakan gula ini juga sangat efektif digunakan dalam keadaan darurat. Selain biayanya yang murah, gula juga punya keuntungan lain yaitu menggantikan antibiotik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini