Share

6 Daftar Beasiswa Kedokteran Unair, Calon Dokter Harus Cek!

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 06 Desember 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 65 2512595 6-daftar-beasiswa-kedokteran-unair-calon-dokter-harus-cek-nShITvPP1U.jpg Beasiswa Kedokteran Unair. (Foto: Unair)

JAKARTA - Beasiswa Kedokteran Unair pastiya banyak dicari para mahasiswa. Adanya beasiswa mendorong keinginan mahasiswa untuk semangat menjadi mahasiswa berprestasi terlebih dapat membantu finansial.

Sebagai usaha peningkatan suasana akademik dalam hal mutu manajemen akademik, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengusahakan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang layak memperolehnya dari dana yang berasal dari Dikti, Corporater Social Responsibility perusahaaan, dan Airlangga Medical Full Scholarship dari Program Hibah Kompetisi – Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter, dan lain sebagianya.

Dikutip dari laman fk.unair.ac.id, berdasarkan Pedoman Prosedur AIMS UNAIR (PP-UNAIR-KMS-01-01) tentang layanan beasiswa program sarjana dan diploma. Mahasiswa penerima beasiswa nantinya akan melalui beberapa proses seleksi dan evaluasi dari Pimpinan Fakultas.

Baca juga: 4 Cerita Mahasiswa Asing yang Kuliah di Indonesia, dari UI hingga Unair


Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Hukum Unair, Tergantung Jalur Masuk!

Untuk mengetahui lebih lanjut beasiswa Kedokteran Unair, berikut adalah daftar beasiswa yang bisa didapat mahasiswa Kedokteran Unair.

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti). Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp 400.000/ bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000, dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan.

2. Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa Bakti BCA ditujukan bagi mahasiwa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun relatif memiliki kendala finansial. Beasiswa BCA juga nantinya akan memfasilitasi program pengembangan soft skill bagi penerima beasiswa, antara lain pelatihan leadership, sharing session entrepreneurship, dan mentoring.

3. Beasiswa Yayasan PK AA Rachmat

Program beasiswa ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat (YPKKAR) kepada sejumlah perguruan tinggi yang sudah ditentukan salah satunya Unair. Beasiswa yang diperoleh nantinya yakni sebesar Rp 750.000 per bulan dan akan diberikan langsung tiap 3 bulan/triwulan di muka melalui masing-masing perguruan tinggi.

4. Beasiswa Cendekia Baznas

Beasiswa Cendikia BAZNAZ juga bisa menjadi pilihan mahasiswa Kedokteran Unair. BCB PTDN adalah program beasiswa pendidikan tinggi bagi para mahasiswa tingkat sarjana (S1) yang berasal dari keluarga kurang mampu yang sedang menempuh studi (on going) di kampus mitra Beasiswa BAZNAS yang berada di dalam negeri.

Adapun kisaran biaya beasiswa yang diberikan yaitu:

1. Subsidi UKT Rp 2.700.000 per semester.

2. Pembinaan dilakukan bersama para mentor kampus dan pusat.

5. Beasiswa Marga Jaya Sejahtera

Beasiswa Marga Jaya Sejahtera juga bisa jadi pilihan mahasiswa Kedokteran Unair. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi terpilih yang masuk daftar Yayasan Marga Pembangunan Jaya. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa untuk semester 5 dengan besaran beasiswa yakni Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per tahun.

6. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Terakhir, beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan Karya Salemba Empat ini diberikan dalam bentuk tunjangan pendidikan untuk mahasiswa D4/S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester dua.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini