FKM UI Berharap Penyintas Covid-19 Mendapat Akses untuk Hidup Lebih Baik

Mohammad Adrianto S, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 65 2511833 fkm-ui-berharap-penyintas-covid-19-mendapat-akses-untuk-hidup-lebih-baik-WfqqmjPfHp.jpg Penyintas covid diharapkan dapat hidup lebih baik/ Okezone

JAKARTA - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) selenggarakan webinar bertajuk "Seminar Online Seri 46 One Stop Service Untuk Penyintas Covid-19", Sabtu (4/11/2021).

(Baca juga: Cara Mengatasi Gejala Kelelahan pada Penyintas Covid-19)

Webinar ini turut dihadiri oleh Dr. Abdul Kadir selaku Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI serta sejumlah pembicara lainnya.

Pembicara tersebut ialah Dr. Menaldi Rasmin sebagai Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. Lily Kresnowati selaku Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, dan Juno Simorangkir sebagai Founder Covid Survivor Indonesia (CSI).

Perwakilan Dekan FKM UI Dr. Besral mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui bahwa banyak penyintas covid-19 yang mengalami kerusakan pasca terpapar penyakit ini.

"Saya memahami bahwa banyak penyintas Covid-19 banyak mengalami kerusakan yang tidak disadari. Mulai dari diare tidak hilang-hilang, hingga keletihan berkelanjutan," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa kebanyakan penyintas Covid-19 tidak mengetahui harus mencari pertolongan kemana.

Besral berharap, agar webinar ini bisa menjadi salah satu wadah untuk bagaimana mengantisipasi supaya kualitas hidup penyintas covid bisa lebih baik lagi.

"Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta, tapi juga bagi penyintas covid. Saya harap untuk ke depannya, kita bisa menyiapkan SDM dan fasilitas agar penyintas covid bisa mendapat akses untuk mendapat hidup yang lebih baik," ucapnya.

Dirinya juga melanjutkan, bahwa dengan kemajuan teknologi di era sekarang, webinar seperti ini tetap bisa dilaksanakan secara rutin.

"Kegiatan seperti ini akan menjadi norma baru ke depannya. Teknologi udah sampai ke desa-desa, hanya memerlukan akses internet sekarang sudah bisa menjalankan webinar seperti ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini