Share

Daftar Beasiswa Kedokteran Undip, Mahasiswa Wajib Tahu!

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 65 2511523 daftar-beasiswa-kedokteran-undip-mahasiswa-wajib-tahu-fZy1i8ZptQ.jpg Beasiswa Kedokteran Undip. (Foto: Undip)

JAKARTA - Beasiswa Kedokteran Undip banyak dicari mahasiswa karena dapat memberikan banyak manfaat terutama untuk membantu pembiayaan pendidikan.

Seperti diketahui, untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Undip tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mencari tahu tentang informasi beasiswa yang bisa didapat terutama di Kedokteran Undip.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Undip, Calon Dokter Silahkan Dicek!


Baca juga: Passing Grade Undip, Calon Mahasiswa Silakan Simak!

Kabar baiknya, beasiswa bagi mahasiswa Kedokteran Undip terbuka sangat lebar. Informasi beasiswa juga dapat dengan mudah diperoleh mahasiswa di akun resmi Undip.

Dilansir dari laman resmi FK Undip, bak.undip.ac.id, berikut beberapa beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa kedokteran Undip.

1. Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat

Program beasiswa ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat (YPKKAR) kepada sejumlah perguruan tinggi yang sudah ditentukan.

Salah satu perguruan tinggi yang berkesempatan mendapatkan beasiswa ini yakni Undip (Universitas Diponegoro). Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa Undip khususnya mahasiswa jurusan kedokteran.

Beasiswa yang diperoleh nantinya yakni sebesar Rp 750.000 per bulan dan akan diberikan langsung tiap 3 bulan/triwulan di muka melalui masing-masing perguruan tinggi. Adapun kelanjutan pemberian beasiswa tergantung pada prestasi mahasiswa di semester yang sedang berjalan.

2. Beasiswa Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia

Selanjutnya ada pula beasiswa YBM Smart Scholarship bagi mahasiswa kedokteran Undip. Beasiswa YBM BRI ini merupakan salah satu program pemberdayaan dana zakat pendidikan yang bertujuan menunjang kegiatan akademik, guna menghasilkan SDM yang unggul, berkarakter, berkompetensi, dan berdaya saing.

Tunjangan beasiswa yang akan diberikan dan dapat diperoleh mahasiswa yakni tunjangan prestasi, dapat memperoleh pembinaan dan penguatan soft skill secara berkala serta peluang seleksi Beasiswa Cerah Jalur Afirmasi lainnya.

3. Beasiswa TNI (Tentara Nasional Indonesia)

Berkenaan dengan surat Permohonan Bantuan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI, Mabes TNI membuka dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa kedokteran Undip (Universitas Diponegoro).

Tak hanya dapat beasiswa tunjangan bulanan sebagai mahasiswa, kamu juga berpeluang untuk menjadi calon Perwira Karier (Pa PK) TNI.

4. Beasiswa Pertamina Foundation

Program Beasiswa PF Prestasi merupakan program lanjutan dari beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Sumber pendaanaan program ini berasal dari pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (persero) yang dikelola oleh Pertamina Foundation.

Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis, yaitu Beasiswa PF Prestasi Reguler, Beasiswa PF Prestasi Khusus, dan program Beasiswa PF Prestasi Khusus Indonesia Timur.

Adapun fasilitas yang akan didapatkan para penerima program Beasiswa PF Prestasi yakni bantuan UKT maksimal sebesar Rp 5.000.000/semester dan bantuan biaya hidup bulanan sebesar Rp 500.000.

5. Beasiswa Bank Indonesia

Program Beasiswa Bank Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2011, ditujukan untuk mahasiswa/i jenjang S1, sejak tahun 2020 terdapat perluasan beasiswa ke jenjang D3. Kemudian, pada tahun 2021, kembali diperluas ke jenjang D4 untuk PTN, PTS, dan Politeknik yang memiliki Perjanjian Kerjasama dengan Bank Indonesia.

Beasiswa Bank Indonesia ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa kedokteran Undip ditahun selanjutnya. Selain itu, beasiswa tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup.

Beasiswa Bank Indonesia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Regular. Beberapa perbedaan diantara keduanya yaitu perbedaan persyaratan dan nominal bantuan yang diberikan kepada penerima beasiswa.

Beasiswa Skema Unggulan (mendapatkan beasiswa Rp 1.500.000, per bulan). Sedangkan Untuk Beasiswa Skema Reguler (mendapatkan beasiswa Rp 1.000.000, per bulan).

1
5

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini